Salin Artikel

Warren Buffet Menjadi Miliarder yang Paling Dermawan Versi Forbes

Mengutip Forbes, Rabu (9/8/2020), peringkat ditentukan dari hibah yang diberikan oleh yayasan mereka, bukan menghitung dollar yang dimasukkan tiap anggota dalam yayasan mereka selama seumur hidup.

Penghitungan juga ditambah dengan pemberian hadiah langsung dari anggota yang dapat dilacak. Tujuannya tak lain untuk memperkirakan berapa banyak yang "The Forbes 400" sebenarnya telah berikan.

Selain itu, Forbes tidak menghitung dana yang baru akan diberikan/dijanjikan. Oleh karena itu, sumbangan yang diberikan oleh pendiri Twitter dan Square, Jack Dorsey, yang berencana menyumbangkan 1 miliar dollar AS untuk menanggulangi Covid-19 hanya dihitung berdasarkan apa yang telah terealisasi.

Adapun dermawan terbesar dari kelompok Forbes 400 adalah CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

Forbes memperkirakan, Buffet telah mendonasikan 40 miliar dollar AS dari kekayaan non-agenarian, yang sekarang mencapai 73,5 miliar dollar AS. Sumbangan itu telah didistribusikan ke organisasi nirlaba, terutama melalui yayasan Bill dan Melinda Gates.

Namun, jika diukur dari persentase kekayaan bersih, filantropis yang paling dermawan adalah Hedge Fund Manager, George Soros. Dia telah menyumbang sekitar 64 persen dari kekayaan aslinya.

Dia telah mendistribusikan lebih dari 15 miliar dollar AS kepada organisasi nirlaba melalui Open Society Foundations, jaringan pemberi hibah internasional yang mendukung keadilan, pendidikan, kesehatan publik, dan media independen.

Secara total, setidaknya ada 171 miliar dollar AS pundi-pundi uang yang digelontorkan oleh anggota Forbes 400, yang mempunyai kekayaan bersih 3,2 triliun dollar AS.

Tercatat, ada 74 miliarder Forbes 400 yang telah menandatangani Giving Pledge alias janji untuk menyumbangkan setengah dari kekayaan mereka untuk amal.

Dari situ, hanya 10 orang dalam daftar yang masuk dalam skor filantropi tertinggi. Selain Buffet dan Soros, ada salah satu pendiri Intel, Gordon Moore, Lynn Schusterman, dan pendiri CNN Ted Turner.

Beberapa orang lainnya yang turut menggelontorkan dana ke badan amal, antara lain Bill Gates, taipan minyak Trevor Rees-Jones, dan miliarder ekuitas swasta David Rubenstein.

Di sisi lain, hampir sepertiga dari daftar, termasuk orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, baru menyumbangkan kurang dari 1 persen kekayaan mereka.

Berikut ini daftar miliarder paling dermawan yang disusun berdasarkan skor.

- Skor 1, yang memberikan kurang dari 1 persen kekayaan mereka, yakni pendiri Amazon Jeff Bezos, serta ahli waris Walmart, yaitu Jim Walton dan Rob Walton.

- Skor 2, yang memberikan 1 persen - 4,99 persen dari kekayaannya, yakni Oprah Winfrey, serta pendiri Twitter & Square, Jack Dorsey.

- Skor 3, yang memberikan 5 persen - 9,99 persen dari kekayaannya, yakni Titan hedge fund Ray Dalio dan pemilik New England Patriots Robert Kraft.

- Skor 4, yang memberikan 10 persen - 19,99 persen dari kekayaannya, yakni pendiri Microsoft Bill Gates, mantan Wali Kota New York dan calon presiden AS Michael Bloomberg.

- Skor 5, yang memberikan 20 persen atau lebih dari kekayaannya, CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, pendiri Soros Fund Management George Soros dan John Arnold, Eli Broad, Amos Hostetter Jr, George Kaiser, Gordon Moore, Lynn Schusterman, Julian Robertson Jr, serta Ted Turner.

https://money.kompas.com/read/2020/09/09/104425426/warren-buffet-menjadi-miliarder-yang-paling-dermawan-versi-forbes

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.