Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank hingga Pasar Modal Tetap Beroperasi Selama PSBB Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan industri jasa keuangan bakal tetap beroperasi di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kembali dimulai pada 14 September 2020.

Industri jasa keuangan itu meliputi perbankan, pasar modal, dan industri non-bank, utamanya di wilayah DKI Jakarta. Operasional tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengatakan, operasional ini sejalan dengan keterangan Gubernur DKI Jakarta yang memasukkan sektor jasa keuangan dalam 11 bidang usaha vital yang tetap berjalan dengan kapasitas minimal.

"Hal ini juga sejalan dengan ketentuan mengenai penerapan PSBB yang tercantum dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dalam rangka percepatan penanganan Covid-19," kata Anto dalam siaran pers, Kamis (10/9/2020).

Untuk itu, OJK meminta kepada seluruh lembaga jasa keuangan untuk tetap memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan.

"Seluruh lembaga jasa keuangan yang tetap beroperasi secara minimal wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak fisik, mengurangi layanan tatap muka, menggunakan masker, dan selalu menjaga kesehatan," paparnya.

Adapun untuk pengaturan bekerja dari rumah, pihaknya menyerahkan langsung kepada masing-masing lembaga jasa keuangan, self regulatory organization di pasar modal, dan lembaga penunjang profesi di industri jasa keuangan.

Lebih lanjut, OJK akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Kapolda Metro Jaya untuk memastikan layanan operasional lembaga jasa keuangan serta transaksi investasi di pasar modal berjalan dengan baik.

"Para pegawai sektor jasa keuangan juga diminta untuk selalu membawa kartu identitas perusahaannya yang bisa ditunjukkan untuk membuka akses jalan menuju kantor tempat bekerja," pungkas Anto.

https://money.kompas.com/read/2020/09/11/063600926/bank-hingga-pasar-modal-tetap-beroperasi-selama-psbb-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke