Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko PMK: Kita Akan Perang Melawan Stunting

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi.

"Problem yang paling berat adalah stunting atau kerdil. Kerdil ini tidak hanya fisik tetapi juga otak yang lebih berbahaya. Sekarang ini angka kelahiran kita sekitar 4,8 juta per tahun, itu angka stunting-nya masih 27 persen lebih," katanya dalam Sarasehan Virtual 100 Ekonom, Selasa (15/9/2020).

Oleh sebab itu kata Muhadjir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan angka stunting harus ditekan hingga 14 persen pada 2024.

"Tentu itu sangat ambisius. Perhitungan saya secara kasar kalau 14 persen tahun 2024 itu tercapai maka per tahun angka stunting kita tidak boleh lebih dari 680.000 per anak. Dan itu pekerjaan luar biasa," ungkapnya.

Menurut Bank Dunia lanjut Muhadjir, 54 persen tenaga kerja di Indonesia merupakan orang yang pernah mengalami stunting. Maka dari itu, pihaknya masih mencari strategi untuk mengatasi hal tersebut.

"Karena itu hambatan kita menyiapkan tenaga kerja produktif yang kompetitif, yang memiliki kapasitas keterampilan yang memadai itu adalah karena 54 persen mereka adalah pernah stunting," kata dia.

Menurut dokter ahli stunting ucapnya, kemampuan otak orang yang pernah mengalami stunting tidak dapat digunakan maksimal.

"Itu yang menjadi persoalan kita. Oleh karena itu kita akan perang melawan stunting," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2020/09/15/160107626/menko-pmk-kita-akan-perang-melawan-stunting

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke