Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketua Baznas Dapat Penghargaan Kepemimpinan Zakat Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo menerima penghargaan internasional Global Islamic Finance Award (GIFA) Special Award 2020 pada kategori Kepemimpinan.

Penghargaan ini diperoleh atas perannya mengembangkan zakat di Indonesia dan mendorong gerakan zakat dunia melalui World Zakat Forum (WZF).

Penghargaan tersebut diterima secara langsung dalam acara GIFA 2020 yang dilakukan secara daring pada Senin, (14/9/2020).

Bambang pun menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya. Ia pun menyatakan bakal menjadikan penghargaan ini sebagai pendorong untuk terus menggelorakan kebaikan zakat dalam memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya bagi rakyat Indonesia dalam upaya pegentasan kemiskinan.

“Suatu kehormatan bagi kami dapat menerima penghargaan GIFA Special Award 2020 untuk kategori Leadership Role. Penghargaan ini merupakan penghargaan kepada 11 anggota yang saat ini memimpin Baznas secara kolektif kolegial,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (15/9/2020).

Ia menambahkan, sepanjang periode kepemimpinan tahun 2016-2020, Baznas menetapkan periode tersebut sebagai tahun Kebangkitan Zakat.

Kebangkitan zakat merupakan momentum untuk menjadikan zakat sebagai pilar pemecah ketimpangan sosial, kebangkitan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, dan pengembangan sumber pendanaan untuk pembangunan kesejahteraan mustahik di luar APBN.

“Kami yakin penghargaan ini akan memperkuat semangat Baznas untuk meningkatkan laju pergerakan zakat di Indonesia dan dunia. Terlebih saat ini dunia tengah berada pada kondisi sulit, semoga manfaat zakat bisa dirasakan dalam membantu khususnya rakyat Indonesia rentan yang terdampak dari pandemi Covid-19,” ujar Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Baznas juga menerima penghargaan GIFA Award 2020 sebagai organisasi zakat kategori Program Penyaluran Zakat Terbaik 2020.


Penghargaan ini sebagai pengakuan atas berbagai inovasi dalam membantu dan memberdayakan masyarakat miskin serta kelompok penerima zakat lainnya.

Bambang menjabat sebagai ketua Baznas sejak 2015 hingga sekarang.

Selama kepemimpinannya, BAZNAS berkembang menjadi lembaga zakat yang dipercaya masyarakat, memiliki program-program inovatif, dan berhasil meningkatkan penghimpunan zakat rata-rata 33,7 persen per tahun.

https://money.kompas.com/read/2020/09/15/181737326/ketua-baznas-dapat-penghargaan-kepemimpinan-zakat-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke