Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asia Hadapi Resesi Pertama sejak 60 Tahun Terakhir

Mengutip BBC, Rabu (16/9/2020), ini merupakan resesi regional yang pertama kalinya sejak enam dekade atau 60 tahun terakhir. Negara-negara "developing Asia" yang mencakup 45 negara tercatat mengalami kemerosotan ekonomi.

ADB memprediksi, ekonomi negara berkembang Asia akan menyusut 0,7 persen pada 2020. Namun negara-negara di kawasan ini diperkirakan akan pulih sangat kuat pada 2021, dengan pertumbuhan 6,8 persen.

Dalam outlook terbarunya, ADB mengestimasi tiga perempat dari ekonomi di kawasan akan merosot tahun ini. Outlook ini menjadi revisi dari proyeksi sebelumnya, yang menyatakan Produk Domestik Bruto (PDB) Asia bisa tumbuh 0,1 persen.

"Sebagian besar ekonomi di kawasan Asia dan Pasifik diprediksi berada pada jalur pertumbuhan yang sulit untuk sisa tahun 2020," kata kepala ekonom ADB Yasuyuki Sawada.

Prediksi ADB ini sejalan dengan prediksi Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) yang telah membuat prediksi serupa pada awal tahun ini.

Lebih lanjut ADB memperkirakan, negara-negara di Asia Selatan kemungkinan akan terkena dampak paling buruk, berbanding terbalik dengan Negara Tirai Bambu, China.

Ekonomi India diestimasi terkontraksi sekitar 9 persen tahun ini, sedangkan China akan tumbuh 1,8 persen. Sementara negara-negara Asia Tenggara akan mengalami penurunan 3,8 persen.

Ekonomi negara atau pulau yang bergantung pada pariwisata, khususnya, terkontraksi memilukan dengan penurunan sebesar 19,5 persen. Sementara Maladewa kemungkinan akan mengalami kontraksi sebesar 20,5 persen.

Kendati kabar baiknya, wilayah tersebut diprediksi akan pulih tahun depan, dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,8 persen. Ekonomi China pulih 7,7 persen pada 2021, sementara India bangkit kembali dengan pertumbuhan 8 persen.

Untuk saat ini, ADB memperingatkan, pemulihan ekonomi bisa saja digagalkan oleh pandemi yang berkepanjangan ataupun lockdown yang terlalu ekstrem.

"Ancaman ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 tetap kuat, karena gelombang pertama yang berkepanjangan atau wabah yang berulang dapat mendorong tindakan penanggulangan lebih lanjut," jelas Sawada.

https://money.kompas.com/read/2020/09/16/103000926/asia-hadapi-resesi-pertama-sejak-60-tahun-terakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke