Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tekan Impor, Erick Thohir Sebut BUMN Akan Bangun Pabrik Paracetamol

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, perusahaan pelat merah bakal memproduksi obat paracetamol di dalam negeri.

Sebab selama ini, paracetamol merupakan salah satu obat yang harus di impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Erick mengatakan, pembangunan pabrik paracetamol itu merupakan salah satu bagian dari program konsolidasi BUMN klaster kesehatan yang sedang ia upayakan.

"Kita juga konoslidasikan klaster kesehatan, kita gabungkan  Bio Farma dan melakukan refocusing Kimia Farma dan Indofarma, Kimia Farma akan fokus untuk kimia dan menekan impor obat-obatan," jelas Erick dalam video conference, Rabu (16/9/2020).

"Kita akan bangun pabrik paracetamol yang selama ini diimpor," jelas Erick.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, unutk Indofarma akan difkuskan untuk memproduksi obat-obatan herbal.

Selain itu, klaster kesehatan itu juga akan disinergikan dengan grup rumah sakit yang berjumlah 70.

Selain klaster kesehatan, secara keseluruhan saat ini ada 12 klaster yang sedang di konsolidasikan oleh Kementerian BUMN.

Beberapa di antaranya yakni klaster pariwisata dan pendukung yang terdiri atas bandar udara, hotel, ritek, kawasan wisata, dan industri penerbangan. Selain itu juga klaster produsen semen.

"Supply chain kita lakukan tapi enggak menjadi menara gading, tapi tetap membangun ekosistem yang baik dengan swasta," jelas Erick.

Erick pun mengatakan dengan pengelompokan BUMN tersebut harapannya bisa mengundang minat investor baik dalam dan luar negeri.


Untuk mendukung pengembangan rantai pasok atau supply chain di dalam negeri, pemerintah bersama dengan BUMN juga melakukan program-porgram seperti pembangunan kawasan industri.

"Misalnya saja di Batang, di mana lahan 4000 (hektare) lebih tapi sudah langsung disiapkan infrastruktur pendukung seperti jalan, listrik, air dan segala macam," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2020/09/16/140300326/tekan-impor-erick-thohir-sebut-bumn-akan-bangun-pabrik-paracetamol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke