Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indeks Harga Konsumen Jepang Anjlok akibat Pemerintah Kasih Diskon Jalan-jalan

Mengutip Nikkei Asian Review, Jumat (18/9/2020), turunnya indeks disebabkan karena besarnya diskon yang diberikan pemerintah untuk perjalanan/pariwisata domestik. Diskon ini mulanya diberikan untuk mendukung sektor pariwisata yang terpukul akibat Covid-19.

Data IHK yang lemah pada Agustus ini dipublikasikan setelah Gubernur Bank sentral Jepang, Bank of Japan, Haruhiko Kuroda menyatakan pihaknya akan memantau perkembangan harga dan tumbuhnya lapangan pekerjaan dalam membuat kebijakan.

Pernyataan itu mengindikasikan bahwa pihaknya siap untuk meningkatkan stimulus lebih banyak jika masyarakat kehilangan pekerjaan dan pada akhirnya menjadi kontributor deflasi.

Tercatat, IHK inti pada Agustus 2020 hanya sebesar 0,4 persen (yoy), termasuk untuk produk minyak namun tidak termasuk komoditas makanan segar bergejolak.

Faktor utama yang membuat inflasi ini menurun adalah penurunan harga akomodasi dan hotel, setelah pemerintah meluncurkan subsidi untuk diskon perjalanan nasional sejak akhir Juli lalu. Indeks menunjukkan, harga akomodasi turun 32 persen (yoy) pada Agustus ini.

"Tekanan ke bawah pada harga konsumen kemungkinan akan berlanjut. IHK inti bisa turun menjadi sekitar 1 persen secara tahunan di akhir tahun ini," kata kepala ekonom Dai-ichi Life Research Institute, Yoshiki Shinke.

Yoshiki menilai, kampanye diskon perjalanan yang diinisiasi pemerintah akan terus membebani akomodasi. Di sisi lain, tekanan penurunan harga komoditas akan semakin meluas seiring lemahnya daya beli masyarakat.

"Ada juga kemungkinan bahwa permintaan yang lemah dapat menekan indeks harga konsumen ke depannya, meskipun sejauh ini kami belum melihat dampak signifikan terhadap harga konsumen," kata Shinke.

Informasi saja, ekonomi Jepang telah menyusut sebesar 28,1 persen pada April-Juni 2020. Penyusutan ekonomi ini merupakan kontraksi terbesar sejak perang.

Banyak analis memperkirakan laju pemulihan akan terbatas, mengingat perusahaan maupun masyarakat tetap bergerak hati-hati meski karantina wilayah telah dilonggarkan.

https://money.kompas.com/read/2020/09/18/180416926/indeks-harga-konsumen-jepang-anjlok-akibat-pemerintah-kasih-diskon-jalan-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke