Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pekan Depan IHSG Diproyeksi Melemah, ini Sentimennya

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam sepekan ke depan diproyeksikan akan melemah.

Pada akhir pekan lalu, IHSG ditutup menguat pada level 5.059,22 atau naik 20,82 poin (0,41 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.037,36.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, proyeksi pelemahan IHSG didorong oleh berbagai sentimen, baik dari dalam ataupun luar negeri.

Salah satu sentimen dari luar negeri ialah, stimulus fiskal baru yang dicanangkan oleh pemerintah AS untuk mengantisipasi virus corona yang diperkirakan senilai 1,5 triliun dollar AS.

"Pelaku pasar akan memperhitungkan paket stimulus fiskal yang diperkirakan senilai 1,5 triliun dollar AS yang sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda kemajuan," ujar Hans dalam keterangan tertulis,  Minggu (20/9/2020).

Selain itu, pelaku pasar juga memperhatikan data perekonomian yang cenderung masih lemah. Hal ini sejalan dengan pernyataan Bank Sentral AS, The Federal Reserve, tentang laju pemulihan ekonomi yang melambat.

"Sebenarnya The Fed menaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengangguran pada tahun 2020 ke level yang lebih baik," katanya.

Sementara itu dari dalam negeri, keputusan Bank Indonesia (BI) untuk mempertahankan suku bunga masih akan menjadi salah satu sentimen utama.

"Hal ini diharapkan mampu membuat rupiah menguat dan lebih stabil kedepannya," katanya.

Lalu, pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta yang tidak sama persis dengan pemberlakuan PSBB periode pertama mampu mendorong IHSG naik di awal pekan lalu.


Kendati demikian, dampak PSBB tetap di perkirakan akan mengganggu aktivitas bisnis dan perusahaan.

"Hal ini membuat IHSG kami perkirakan selama seminggu berpeluang konsolidasi melemah dengan support di level 5.000 sampai 4.754 dan resistance di level 5.100 sampai 5.187," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/09/20/140000926/pekan-depan-ihsg-diproyeksi-melemah-ini-sentimennya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke