Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Tengah Pandemi, Banyak UKM dan Startup Terapkan "Survival Mode"

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Sandiaga Salahudin Uno melihat belakangan ini banyak usaha kecil menengah (UKM) dan startup di Indonesia mengaplikasikan survival mode.

Tujuannya agar usahanya dapat kembali melesat ketika pandemi virus corona (Covid-19) telah berakhir.

Sandiaga menegaskan, memang patut disayangkan model bisnis survival mode tidak akan bertahan, sebab tidak seorang pun tahu kapan krisis ini akan berlalu.

Bahkan, apa yang kita sebut normal di masa pra-pandemi harus mengalami pendefinisian ulang.

Maka dia menegaskan yang semestinya dilakukan oleh UKM dan startup agar tetap unggul di era kenormalan baru.

“Pebisnis harus reinvent pengetahuan bisnis mereka untuk memunculkan model bisnis yang baru,” ujar Sandiaga dalam webinar di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sandiaga menuturkan, UKM dan startup mau tidak mau harus mengedepankan aspek kesehatan dan digitalisasi dalam setiap tahapan bisnis mulai dari pemesanan, pembayaran, produksi, hingga penyediaan barang.

“Zaman sekarang data dan tren bisnis bisa kita dapatkan dengan mudah. Kita tinggal mengamati, meniru, dan memodifikasi tren yang ada sehingga kita memiliki model bisnis baru,” ujarnya.

Sandiaga menegaskan, ada empat kekuatan yang bisa digaungkan dalam duia enterprenersip yaitu, pencapaian atau target, stimulasi, arah atau tujuan, dan keamanan bisnisnya.

“Bila ini semua bisa digapai maka apapun usahanya pasti akan sangat maju,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Komisi XI DPR Kamrussamad mengatakan, di era digitalisasi saat ini para pengusaha muda harus bisa beradaptasi. Salah satunya membuka kemitraan dengan elemen atau komunitas seperti asosiasi industri kreatif.

"Kemitraan dengan komunitas berbasis industri kreatif ini menjadi penting terutama agar produk wirausaha bisa ikut terpasarkan dengan baik," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/09/21/173229426/di-tengah-pandemi-banyak-ukm-dan-startup-terapkan-survival-mode

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke