Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Bank Penyalur, BRI Sudah Serahkan Banpres ke 2 Juta UMKM

"Sampai dengan hari ini sudah hampir 2 juta, jadi BRI memang mengambil peran yang cukup sigtnifikan," ujar Direktur Usaha Mikro Bank BRI Supari dalam diskusi virtual FMB9, Selasa (22/9/2020).

Ia mengatakan, dalam program BLT UMKM perusahaan pelat merah ini memang cukup memiliki peran. Selain sebagai bank penyalur, BRI juga penyedia data pelaku usaha mikro untuk pemerintah. Hal ini mengingat lini bisnis BRI yang memang fokus pada pelaku UMKM.

Oleh sebab itu, dengan data dan jaringan yang dimiliki, BRI turut membantu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dalam mendata calon penerima.

"Terutama data dari dinas-dinas dan koperasi di kabupaten/kota itu dari BRI semua," imbuhnya.

Supari mengatakan, saat ini BRI tengah memvalidasi data 3 juta nasabahnya yang berpotensi menjadi calon penerima BLT UMKM. Data ini diharapkan bisa mendorong realiasasi pencairan bantuin kepada 9,1 juta pelaku usaha mikro hingga akhir September 2020 ini.

"BRI segera lakukan validasi 3 juta nasabah lagi. Itu kelihatannya semakin kesini semakin lancar untuk kita support sampai 9,1 juta di September ini," kata dia.

Seperti diketahui, program ini memang menargetkan pemberian bantuan pada 12 juta UMKM. Namun untuk penyaluran tahap awal diberikan pada 9,1 juta UMKM terlebih dahulu senilai Rp 22 triliun.

Supari menjelaskan, dalam melakukan pendataan tentu pihaknya akan memperhatikan kepastian identitas baik dilihat dari KTP maupun nomor ponsel. Selain itu, juga dengan melihat data riwayat peminjaman hingga data perpajakannya.

“Ini semua untuk memastikan bahwa para penerima ini adalah memang yang tepat menerima,” pungkasnya.

Secara keseluruhan, Kemenkop UKM mencatat penyaluran BLT UMKM sudah diberikan kepada 5,9 juta penerima. Nilai pencairannya sebesar Rp 14,18 triliun atau sudah mencapai 64,50 persen dari target.

https://money.kompas.com/read/2020/09/22/200000326/jadi-bank-penyalur-bri-sudah-serahkan-banpres-ke-2-juta-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke