Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkop Sebut Peluang Ekspor Produk UKM Kian Terbuka Lebar

Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM Victoria br Simanungkalit mengatakan, untuk meningkatkan nilai ekspor UKM ke Eropa diperlukan kerja sama dari berbagai pihak agar UKM tidak hanya sekadar bertahan, tapi juga mampu meningkatkan kualitas.

"Sehingga dengan adanya kerja sama tersebut UKM kita dapat bersaing di pasar global khususnya di pasar Eropa, terutama di masa pandemi Covid-19 ini yang membuat UMKM menjadi salah satu yang paling terdampak,” ujarnya mengutip siaran resminya, Selasa (22/9/2020).

Menurut Victoria, ekspor produk UKM ke berbagai negara saat ini semakin terbuka lebar. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh UKM di Bangka Belitung yang saat ini sudah mengekspor Lidi Nipah ke Nepal.

Victoria juga mengatakan pemerintah sudah memiliki kebijakan lain yang sudah dilakukan untuk mendorong para pelaku UKM agar semakin bergeliat, diantaranya memberikan fasilitas standardisasi global, pelibatan BUMN sebagai offtaker, Onboarding digitalisasi KUKM, fasilitasi promosi baik di dalam maupun luar negeri, hingga menjadikan SMESCO sebagai center of excellence.

Di sisi lain, dia bilang dari total 64 juta pelaku UMKM, 97 persennya telah berkontribusi terhadap total tenaga kerja dan 60 persennya berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Angka ini pun, kata dia, menunjukan adanya peran UMKM yang sangat besar bagi perekonomian nasional.

Sementara itu, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI)/Wakil Kepala Perwakilan RI di Brussel, Belgia, Sulaiman Syarif mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan UKM di Indonesia sebelum melakukan ekspor ke Eropa.

“UKM harus bisa menetapkan harga yang pasti, konsisten dan transparan,” kata dia.

Selain itu, kata dia, UKM harus mampu menjaga konsistensi kualitas produk, kontinuitas volume dan produksi, serta representatif/kontak yang mudah untuk dihubungi.

https://money.kompas.com/read/2020/09/23/073000626/kemenkop-sebut-peluang-ekspor-produk-ukm-kian-terbuka-lebar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke