Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Faisal Basri: Masalah Tidak Akan Selesai kalau Pilkada Jalan...

Pasalnya bila masalah Covid-19 tidak ditangani serius, maka sektor ekonomi akan semakin jatuh lebih dalam dari saat ini.

"Bagaimanapun (masalah) tidak akan selesai kalau Pilkada jalan. Ekonomi mau apa lagi? Ya Perppu lagi, Perppu lagi," kata Faisal dalam diskusi online INDEF, Kamis (1/10/2020).

Sejumlah pihak memang meminta agar Pilkada 2020 ditunda karena angka kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Pelaksanaan Pilkada dikhawatirkan akan memunculkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Faisal menuturkan, masalah saat ini bukan bersumber dari sektor ekonomi, melainkan bersumber dari sisi kesehatan, yakni mengenai pengendalian Covid-19.

Dia menganggap, sektor ekonomi akan kembali pulih jika masalah utamanya bisa diselesaikan. Bukan dengan pilkada, bukan pula mengotak-atik instrumen ekonomi, seperti berencana menerbitkan Perppu sistem keuangan.

"Pengendali kebijakan ekonomi di pemerintahan, rada frustasi mengelola ekonomi. Karena mereka tidak punya kuasa atau kontrol dalam menghadapi Covid-19. Oleh karena itu mereka mencari instrumen lain yang belum ada, untuk mengambil alih segala instrumen yang memungkinkan secara lebih cepat," ujar Faisal.

Faisal juga menilai, tidak ada masalah koordinasi antara otoritas fiskal dengan otoritas moneter. Begitupun dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Menurutnya sebanyak apapun Perppu yang dikeluarkan, tidak akan mampu mengatasi ekonomi jika masalah Covid-19 belum diselesaikan.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah tetap melanjutkan gelaran pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak 2020 di sejumlah daerah di tengah pandemi wabah virus corona atau Covid-19.

https://money.kompas.com/read/2020/10/01/170000926/faisal-basri--masalah-tidak-akan-selesai-kalau-pilkada-jalan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke