Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga: Naiknya Kasus Covid-19 Tak Terkait Pilkada, tapi Kedisiplinan

Untuk diketahui, per Jumat (2/10/2020) hari ini, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia bertambah 4.317.

"Tadi disampaikan bahwa Pilkada ini tidak dalam tanda petik, kasus peningkatan tidak terkait dengan Pilkada," jelas Airlangga.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu beralasan, beberapa daerah yang tidak menyelenggarakan Pilkada seperti DKI Jakarta justru mengalami kenaikan jumlah kasus yang cukup signifikan.

Berdasarkan data penambahan kasus Covid-19 hari ini, DKI Jakarta kembali menjadi provinsi yang menyumbang kasus baru Covid-19 tertinggi di Indonesia yakni 1.198 orang. Total kasus Covid-19 di DKI Jakarta menjadi orang.

Menurut dia, faktor yang paling berpengaruh terhadap angka kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia adalah kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Sehingga Pilkada tidak berkaitan langsung dengan kenaikan positive rate, tapi yang berkaitan langsung adalah kedisiplinan masyarakat," jelas Airlangga.

Untuk itu, pemerintah pun bakal mendorong operasi yustisi untuk menjaga kedisiplinan masyarakat.

Selain itu, Airlangga mengatakan pemerintah juga akan terus melakukan kampanye terkait penggunaan masker, menjaga jarak, serta mencucui tangan.

"Pemerintah akan dorong terus," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2020/10/02/193100526/menko-airlangga--naiknya-kasus-covid-19-tak-terkait-pilkada-tapi-kedisiplinan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke