Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Deretan Miliarder Paling Dermawan Versi Majalah Forbes

Forbes memberikan skor mulai 1 hingga 5. Pada skor 1, ada 127 miliarder yang menyumbangkan donasi kurang dari 1 persen kekayaannya. Sebanyak 120 miliarder mendapatkan skor 2 dengan donasi 1-4,99 persen dari total kekayaannya.

Sedangkan 56 orang mendapatkan skor 3 karena memberikan donasi 5-9,99 persen dari kekayaan mereka. Sementara itu 19 miliarder telah mendonasikan 10 persen hingga 19 persen kekayaan mereka dan mendapatkan skor 4. 

Adapun yang mendapatkan skor 5 hanya 10 miliarder. Para miliarder ini memberikan 20 persen lebih kekayaan mereka untuk donasi. Sisanya 68 miliarder tidak terdata.

Melansir Forbes, Minggu (4/10/2020), donator terbesar adalah Warren Buffet dari Berkshire Hathaway. Forbes memperkirakan dari 73,5 miliar dollar AS total kekayaan Buffet, sebanyak 40 miliar dollar AS telah didistribusikan ke organisasi nirlaba, terutama melalui yayasan Bill dan Melinda Gates.

Sementara itu, jika diukur berdasarkan persentase dari total kekayaan bersih, miliarder paling dermawan adalah manajer hedge fund terkenal, George Soros, yang telah menyumbangkan 64 persen kekayaan yang dimiliki.

Secara total, dari kekayaan bersih kolektif 3,2 triliun dollar AS para anggota The Forbes 400, setidaknya ada 171 miliar dollar AS disumbangkan melalui organisasi amal dan nirlaba.


Meskipun 74 miliarder yang tergabung di The Forbes 400 telah menandatangani Giving Pledge atau janji untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk amal, namun hanya 10 orang dalam daftar yang menerima skor filantropi tertinggi yaitu 5.

Selain Buffett dan Soros, beberapa miliarder yang mendapatkan skor 5 adalah pendiri Intel Gordon Moore, dermawan Oklahoma Lynn Schusterman, pendiri CNN Ted Turner John Arnold, Eli Broad, Amos Hostetter Jr., George Kaiser, dan Julian Robertson Jr.

Sementara Bill Gates, yang mengepalai yayasan swasta terbesar di dunia bersama istrinya Melinda, berada setingkat di bawah dengan skor 4.

Delapan belas anggota daftar lainnya selain Gates, yang berada pada skos 4 adalah taipan minyak Trevor Rees Jones, miliarder ekuitas swasta David Rubenstein dan mantan walikota New York City Michael Bloomberg.

Sementara itu, sepertiga dari daftar miliarder di dunia, seperti Jeff Bezos mendapat skor 1, yang berarti mereka mendonasikan tidak lebih dari 1 persen dari kekayaan mereka. Ahli waris Walmart Jim Walton dan Rob Walton juga masuk dalam skor 1.

Sementara untuk skor 2, adalah penguasa media Oprah Winfrey serta pendiri Twitter dan Square, Jack Dorsey. Untuk sedangkan 3 dipegang oleh Titan hedge fund Ray Dalio dan pemilik New England Patriots Robert Kraft.

https://money.kompas.com/read/2020/10/04/200000326/ini-deretan-miliarder-paling-dermawan-versi-majalah-forbes

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke