Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkominfo dan Asosiasi E-Commerce Luncurkan Pelatihan Digital UMKM

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, program ini diluncurkan sebagai salah satu inisiatif dari pemerintah bersama dengan asosiasi e-commerce untuk membantu para pengusaha khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnisnya kembali setelah terkena dampak dari pandemi.

"Pelatihan ini kami buat dengan memberikan 60 topik pelatihan yang diberikan secara online dan gratis agar para pelaku UMKM memiliki ilmu untuk mengembangkan kembali bisnisnya. Kita tahu setelah adanya Covid-19 membuat UMKM kita terpukul, makanya dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM agar bisa bergeliat kembali," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (5/10/2020).

Dia mengatakan, dalam pelatihan, selain memberikan materi yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, juga menghadirkan pelatih atau pembicara yang berkompeten.

Adapun durasi pelatihan mencapai 2,5 bulan mulai 5 Oktober hingga 12 Desember 2020.

Di samping itu, para pelaku UMKM yang mengikuti program pelatihan ini akan mendapatkan penggantian pulsa.

Johnny berharap dengan adanya pelatihan ini para UMKM tidak berhenti pada tahap onboarding saja, tetapi lebih dari itu, diharapkan para UMKM mampu memanfaatkan ruang digital secara produktif hingga bisa melakukan perluasan usahanya.

"Kami juga melihat dengan adanya pendekatan ini dapat mendorong penguatan nilai tambah, agar pelaku UMKM kita bisa bersaing dalam rantai nilai global," ucapnya.

Sementara itu Ketua Umum idEA Bima Laga mengatakan, program pelatihan ini mendapatkan sambutan yang baik dari pelaku UMKM. Hal ini  terlihat dengan membeludaknya pelaku UMKM yang mendaftar.

"Awalnya kapasitasnya ada 2.500 pelaku usaha yang akan kita berikan pelatihan tapi ternyata yang mendaftar ada sebanyak 6.500 pelaku usaha. Ada kenaikan 3 kali lipat dan kita lihat betapa antusiasnya para UMKM untuk menantikan pelatihan ini," katanya.

Dia membeberkan beragam materi akan diberikan kepada peserta pelatihan. Mulai dari materi Teknik Foto Produk dengan Smartphone, Strategi bisnis offline lokal ke go online hingga materi Teknik Copywriting yang menjual.

"Tentunya para pengajarnya juga yang berkompeten dan pelatihan ini kami berikan secara gratis. Kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa menjadi ajang moment yang harus benar-benar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/10/05/140500226/kemenkominfo-dan-asosiasi-e-commerce-luncurkan-pelatihan-digital-umkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke