Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 5 Cara Bikin Anggaran Keuangan, Mudah Kok!

Banyak orang yang tidak memiliki anggaran keuangan, akhirnya memiliki masalah keuangan di akhir bulan. Misalnya, uang hanya numpang lewat di rekening, susah menabung, terpaksa menghemat di akhir bulan karena uang sudah menipis, dan lain sebagainya.

Dengan adanya anggaran keuangan, kita bisa mudah mengatur keuangan tiap bulan, mengetahui kemana saja uang pergi dan bisa menghindari kebocoran biaya yang tidak perlu.

Jika kamu mulai menyadari pentingnya membuat anggaran dan ingin mengetahui cara mudahnya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Memprioritaskan pos anggaran yang penting

Cara pertama adalah kamu harus memprioritaskan pos-pos anggaran yang paling penting. Gunakan pendapatan kamu dengan mulai mendahulukan pajak, donasi atau sedekah, tabungan dan investasi, asuransi, bayar utang dan cicilan, kemudian yang terakhir pengeluaran rumah tangga.

Mengatur anggaran bisa dengan cara Zero Based Budgeting, yaitu memporsikan pengeluaran-pengeluaran yang penting sebesar 60 persen dan sisa biaya hidup sebesar 40 persen.

2. Bandingkan anggaran bulan ini dengan bulan sebelumnya

Anggaran yang dikeluarkan pasti akan berbeda tiap bulannya. Oleh karena itu, penting untuk melihat perbandingan anggaran biaya.

Hal itu bisa dilakukan jika rutin mencatat setiap pengeluaran yang telah dilakukan dan bandingkan pengeluaran kamu tiap bulannya. Tentu, ini berguna untuk melihat kebocoran biaya yang tidak perlu.

Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak, kamu bisa menulis anggaran biaya dengan mudah di berbagai aplikasi semisal Finansialku. Kamu bisa mengunduh aplikasi di Google Play Store atau Apple Apps Store.

3. Track Your Progress

Anggaran adalah sebuah perencanaan. Oleh karena itu, untuk memantau rencana keuangan yang sesuai kamu inginkan, perlu dilacak segala progresnya.

Ada berbagai aplikasi yang bisa melacak pergerakan anggarannya. Mulai dari laporan keuangan tiap bulan, grafik pendapatan dan pengeluaran, bahkan terdapat fitur Financial Health Check Up untuk melihat kesehatan uang kamu.


4. Jalankan dengan sistem

Ketika kamu merencanakan anggaran, usahakan untuk kamu memiliki sistem otomatis dalam pengeluaran bulanan. Karena, terkadang manusia sulit untuk konsisten dan disiplin dalam melakukan hal yang sama.

Oleh karena itu, atur pengeluaran bulanan secara otomatis yang ada di internet banking kamu. Lakukan hal otomatis bagi pengeluaran-pengeluaran yang paling penting.

5. Ajak pasangan untuk terbuka

Ajak pasangan kamu dalam membuat anggaran keuangan. Dengan melibatkannya, akan terjadi komunikasi keterbukaan mengenai keuangan. Tentu hal ini menimbulkan rasa tanggung jawab dalam memenuhi komitmen bersama pasangan.

Mulailah menjadi orang yang bijak sedari dini, bisa dimulai dengan membuat anggaran keuangan tiap bulannya. Dengan keuangan yang sehat, tentu hal itu menimbulkan ketentraman dalam menjalani hari-harimu. (Retna Gemilang)

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Finansialku.com. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas isi artikel.

https://money.kompas.com/read/2020/10/07/153900226/ini-5-cara-bikin-anggaran-keuangan-mudah-kok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke