Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Ganda KA Cirebon-Jombang Sepanjang 550 Km Terhubung

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan beroperasinya jalur ganda itu akan meningkatkan konektivitas antara 3 aglomerasi perkotaan.

“Nantinya akan menyambungkan 3 kota aglomerasi besar yaitu Jabodetabek – Joglosemar – Gerbangkertasusila,” ujarnya dalam peresmian jalur ganda tersebut, Kamis (8/10/2020).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, pembangunan jalur ganda KA lintas Jawa telah memberikan dampak positif terhadap mobilitas perkeretaapian.

Hal tersebut terefleksikan dengan meningkatnya jumlah KA antar kota per harinya.

Pada tahun 2015, jumlah perjalanan KA antar kota mencapai 172 kereta per hari. Namun, pada 2019 meningkat menjadi 291 kereta per hari.

“Seiring peningkatan penumpang, juga dilakukan pula peningkatan keselamatan, kecepatan dan pelayanan kereta api,” ujarnya.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu pun menyebutkan, jalur ganda lintas selatan ini hanya tinggal menyisakan pekerjaan sekitar 65 km lagi antara Jombang – Mojokerto – Wonokromo.

Dengan demikian total jalur ganda KA lintas selatan Jawa akan mencapai 615 KM.

Adapun total dana yang digelontorkan untuk seluruh pembangunan proyek ini mencapai Rp 10 triliun.

“Dari sisi pendanaan, pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan kontrak multiyears yang dimulai sejak tahun 2013,” ucap Budi.

https://money.kompas.com/read/2020/10/08/120755226/jalur-ganda-ka-cirebon-jombang-sepanjang-550-km-terhubung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke