Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masyarakat Enggan Belanja, Jumlah Tabungan di Atas Rp 5 Miliar Melesat

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk (Persero) Andry Asmoro menjelaskan, di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19, masyarakat kelas menengah ke atas kian enggan membelanjakan uang mereka.

Hal itu juga terlihat dari jumlah tabungan senilai di atas tumbuh mencapai Rp 373 triliun sepanjang Januari hingga Agustus 2020. Angka tersebut meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni hanya Rp 115 triliun.

"Kalau kita lihat Agustus ini penabung di atas Rp 5 miliar itu sudah naik Rp 373 triliun year to daet. Kalau kita bandingkan tahun lalu hanya Rp 115 triliun. Kalau bandingkan full year 2018 dan 2019, itu Rp 130 triliun dan Rp 162 triliun," jelasnya dalam webinar bincang APBN 2021, Selasa (13/10/2020).

"Sampai Agustus kelompok [penabung] di atas Rp 5 Miliar ini campur, masyarakat dan institusi menengah atas, ini meningkat sangat tinggi," kata Andry melanjutkan.

Andry mengatakan pandemi covid-19 membuat masyarakat lebih memilih untuk berjaga-jaga atau menabung di bank, terutama bagi mereka yang merupakan masyarakat kelas menengah atas. Padahal kelas menengah atas seharusnya bisa menopang perekonomian dengan cara berbelanja atau spending.

Sayangnya, kelas menengah memiliki masalah dengan kepercayaan dan cenderung lebih memilih untuk tinggal di rumah dan tidak berpergian, dan memilih untuk menyimpan uangnya di bank.

"They have the money, tapi masalah confidence saja. Mereka lebih suka di rumah," ujar dia.

Indikator lain yang menunjukkan lesunya tingkat konsumsi masyarakat menengah bawah yakni dari jumlah penabung per Agustus 2020. Berdasarkan catatannya, jumlah tabungan di atas Rp 5 miliar telah mencapai Rp 148 triliun, naik 30,97 persen jika dibandingkan pada Juni 2020.

Untuk itu, menurutnya tahun depan menjadi penting bagi pemerintah untuk menyembangkan dan mendorong permintaan untuk menjaga kinerja perekonomian.

"Dengan kondisi seperti itu, memang perlu ada penyeimbang untuk mendorong permintaan dan competitiveness. Ini perlu diperhatikan di 2021 nanti," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2020/10/13/153626526/masyarakat-enggan-belanja-jumlah-tabungan-di-atas-rp-5-miliar-melesat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke