Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Usaha Barito Pacific Terbitkan "Green Bond" 1,1 Miliar Dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT), yakni Star Energy Geothermal Salak, Ltd dan Star Energy Geothermal Darajat II Ltd menerbitkan obligasi hijau atau green bond senilai 1,11 miliar dollar AS.

Obligasi ini terdiri dari dua seri, yaitu pertama, senilai 320 juta dollar AS dengan kupon 3,25 persen berjangka waktu 8,5 tahun yang akan jatuh tempo pada April 2029.

Kedua, obligasi senilai 790 juta dollar AS dengan kupon 4,85 persen berjangka waktu 18 tahun yang akan jatuh tempo pada Oktober 2038.

Obligasi tersebut terdaftar di Singapore Exchange Securities Trading Limited.

Rudy Suparman, Wakil Presiden Direktur Barito Pacific menyatakan, di tengah pandemi Covid-19, Star Energy sukses menerbitkan green bond dengan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 3,5 kali.

Green bond Star Energy ini mendapat peringkat Baa3 dari Moody’s dan BBB- dari Fitch, dengan outlook
stabil.

Adapun dana yang diperoleh dari hasil emisi obligasi ini akan digunakan terutama untuk pembayaran kembali (repayment) pinjaman yang ada, biaya yang terkait dengan repayment tersebut, pendanaan DSRA dan MMRA dan kebutuhan perusahaan lainnnya yang berkaitan dengan operasi panas bumi Salak dan Darajat.

“Barito Pacific terus merintis jalan dan mengembangkan bisnis di sektor energi yang berkelanjutan. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan energi panas bumi terbesar," kata Rudy dalam keterangan tertulis, Kamis (15/10/2020).

Menurut dia, keberhasilan penerbitan green bond ini menunjukkan besarnya minat investor terhadap ESG atau investasi hijau, serta tingginya kepercayaan investor pada upaya Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau.

"Green bond ini semakin memperkuat fondasi keuangan Star Energy dan kemampuan perusahaan untuk ekspansi di masa mendatang pada sektor ini. Selain itu, hal ini juga membuka kemampuan Star Energy untuk memberikan dividen yang lebih stabil kepada pemegang sahamnya," jelas Rudy.

Menurut Rudy, Barito Pacific akan terus mendorong investasi dalam teknologi yang membantu mengurangi emisi karbon, meningkatkan energi berkelanjutan, dan mempromosikan ekonomi sirkuler di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2020/10/15/190005926/anak-usaha-barito-pacific-terbitkan-green-bond-11-miliar-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke