Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Akhir Pekan Dibuka Melemah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang ditransaksikan di pasar spot pagi ini melemah tipis, pada Jumat (16/10/2020).

Melansir Bloomberg, pukul 09.12 WIB rupiah berada pada level Rp 14.708 per dollar AS. Rupiah melemah 18 poin atau 0,12 persen dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.690 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun melemah, rupiah akhir pekan berpotensi menguat karena sentimen eksternal, yakni pemerintah AS masih membuka kemungkinan stimulus yang akan dirilis sebelum pemilu.

Trump menaikan penawarannya untuk mendekati penawaran dari partai Demokrat, dan pembicaraan masih berlangsung.

Dengan adanya stimulus fiskal, akan banyak membantu industri sehingga mampu memulihkan ekonomi AS.

“Sikap pemerintah Trump tersebut bisa memberikan sentimen positif untuk aset berisiko dan berpotensi mendorong pelemahan dollar as terhadap mata uang lainnya termasuk rupiah,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Sementara dari internal, demo yang terjadi akibat penolakan Undang-undang Omnibus Law cukup terkendali. Ariston menilai hal ini dapat membantu penguatan rupiah hari ini.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.650 per dollar AS sampai dengan Rp 14.750 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2020/10/16/094244826/rupiah-akhir-pekan-dibuka-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke