Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tips dari Bos Tokopedia untuk UMKM agar Bertahan Selama Pandemi

Banyak dari mereka yang mengeluh semenjak mewabahnya pandemi, membuat usaha mereka merasakan penurunan omzet yang signifikan.

Co-Founder & CEO Tokopedia William Tanuwidjaya mengatakan saat ini waktunya bagi UMKM-nya untuk berani memulai mengembangkan bisnisnya kembali.

Sebab, dengan adanya kemauan, rasa berani dan mental yang kuat dalam berbisnis, hal apapun yang bakal terjadi akan bisa terlampaui, khususnya di tengah krisis pandemi.

"Kami selalu mendorong para mitra UMKM kami untuk selalu berani memulai walaupun ada pandemi. Mulai saja dulu, sama seperti kampanye kami," ujarnya dalam diskusi webinar Katadata, Jumat (16/10/2020).

Menurut dia, saat ini banyak sekali anak muda yang memiliki banyak ide bisnis dan rencana yang brilian. Namun karena tidak memiliki keberanian untuk melangkah, ide atau rencana tersebut pun hanya sebatas mimpi karena tidak berani mewujudkannya.

Setelah memulai bisnis, usaha yang dijalankan pun pasti akan berkembang dan selama prosesnya, kata dia, pasti akan mengalami up and down atau jatuh bangun.

Namun yang menentukan pengusaha atau UMKM akan berhasil atau tidak dalam mengembangkan bisnisnya, dilihat dari optimisme mereka untuk bangkit dari keterpurukan.

"Di situ penentuannya, mereka yang berhasil di titik sekarang ini adalah mereka yang berhasil bangkit lagi," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/10/16/133100226/ini-tips-dari-bos-tokopedia-untuk-umkm-agar-bertahan-selama-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke