Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonomi China Tumbuh 4,9 Persen pada Kuartal III-2020

HONG KONG, KOMPAS.com - Ekonomi China kembali mengalami pertumbuhan di saat banyak negara terjerumus dalam jurang resesi akibat pandemi Covid-19.

Negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia itu mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,9 persen pada kuartal III-2020 dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Realisasi pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya, yakni sebesar 3,2 persen, di mana pada saat itu Negeri Tirai Bambu berhasil terhindar dari jurang resesi.

Kendati demikian, realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 itu masih lebih rendah dibandingkan proyeksi para pelaku pasar, yakni sebesar 5,2 persen.

"Perekonomian China terus menunjukan pemulihan yang cepat sejak kuartal II-2020, dengan perekonomian yang lebih kuat dan tidak terlalu bergantung terhadap stimulus," ujar Ekonom Capital Economics, Evans-Pritchard, dikutip dari CNN, Senin (19/10/2020).

Salah satu faktor utama yang mempercepat pemulihan ekonomi China ialah konsumsi rumah tangga.

Selain itu, sektor ritel juga kembali mengalami pertumbuhan sebesar 0,9 persen dibanding tahun lalu.

Kedua poin tersebut mengindikasikan semakin banyak masyarakat China yang berani keluar rumah untuk membelanjakan uangnya di toko-toko fisik.

Pada saat negara-negara lain tengah kewalahan menghadapi pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi China dinilai cukup cepat.

Setelah kasus pertama Covid-19 muncul, pemerintah China terus fokus menekan angka penyebaran virus tersebut dengan berbagai cara, mulai dari penerapan lockdown hingga kebijakan tracking.


Langkah tersebut pun dipadukan dengan dikesampingkannya anggaran pembangunan infrastruktur guna mendorong perekonomian. Akibatnya, pada kuartal I-2020 pertumbuhan ekonomi China terkontraksi 6,8 persen.

Meskipun pada 3 bulan pertama tahun ini mengalami pertumbuhan negatif, China berhasil memaksimalkan momentum pemulihan ekonomi pada 6 bulan terakhir.

Hasilnya, secara kumulatif produk domestik bruto (PDB) China sejak Januari hingga September masih mengalami pertumuhan sebesar 0,7 persen.


https://money.kompas.com/read/2020/10/19/164441926/ekonomi-china-tumbuh-49-persen-pada-kuartal-iii-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke