Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonom: Sektor riil Paling Belum Siap Hadapi Digitalisasi

"Banyak pelaku ekonomi yang belum siap sehingga dari sisi sektor riil mereka akan tertinggal," kata Aviliani dalam webinar Indef, Rabu (21/10/2020).

Aviliani menyebut, pelaku ekonomi yang terlihat paling belum siap adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sektor ini bisa paling lambat mengadopsi digital bila tidak diberi pendampingan.

Untuk itu dia menyarankan, UMKM perlu pendampingan untuk mempercepat adopsi. Pendampingan tak hanya diberikan oleh Bank Indonesia, namun juga regulator dan kementerian/lembaga terkait.

"Terutama di sektor UMKM itu perlu ada pendampingan. Kalau tidak, harusnya mereka bisa lebih cepat nanti (malah) mereka bisa lebih lambat, karena mereka tidak bisa memanfaatkan momen ini," ujar Aviliani.

Tak hanya sektor UMKM, industri lainnya pun masih banyak yang belum siap mengikuti digitalisasi. Lambatnya perusahaan mengadopsi digitalisasi memperlambat proses ekonomi digital di Indonesia.

Padahal, penjualan online tercatat naik signifikan. Data Bank Indonesia menyebut, nilai transaksi e-commerce pada Agustus 2020 melesat menjadi 140 juta. Angka ini lebih besar dibanding 80 juta transaksi di Agustus 2019 dan 40 juta transaksi di Agustus 2018.

Tak hanya transaksi di e-commerce, transaksi digital banking juga meningkat. Peningkatan paling signifikan terjadi untuk transaksi mobile banking. Pada Agustus 2020, transaksi mobile banking mencapai 12 juta transaksi, angka ini meningkat dari 8 juta transaksi pada Agustus 2019.

"Bahkan rumah sakit (yang seharusnya bertumbuh di era pandemi), itu bisa tutup gara-gara mereka tidak bisa mengikuti pola yang ada," ucap Aviliani.

Sebaliknya, industri sektor jasa keuangan utamanya perbankan adalah yang paling siap mengadopsi digital. Sebab sejak sebelum pandemi, perbankan sudah mengandalkan transaksi digital sebagai model bisnisnya.

"Kesiapan masuk dalam dunia digital itu yang Nomor satu justru sektor perbankan dan sektor keuangan. Yang non-keuangan itu dari ecommerce, karena mereka sudah menciptakan marketplace, sudah digital," pungkas Aviliani.

https://money.kompas.com/read/2020/10/21/133400026/ekonom--sektor-riil-paling-belum-siap-hadapi-digitalisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke