Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dongkrak Perekonomian, Pemerintah Diusulkan Bikin Event Cashback Nasional

Oleh sebab itu, Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra menyatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk membuat event cashback secara nasional.

Ia mengatakan, event skala nasional ini akan sulit diwujudkan jika hanya dilakukan oleh perusahaan fintech maupun perbankan, sehingga memang diperlukan peran pemerintah.

"Saya selalu bayangkan, dan kemarin usul ke Pak Luhut, nah bagaimana ini sekiranya pemerintah bisa bikin program cashback nasional," ungkapnya dalam webinar Golkar: Ekonomi Digital dan UMKM Masa Depan, Rabu (21/10/2020).

Menurut Karaniya, dengan event cashback nasional maka akan memicu peningkatan konsumsi masyarakat, sehingga meningkatkan pergerakkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

Di sisi lain, pelaku usaha yang ikut serta dalam program cashback ini pun akan mendapatkan manfaat dari peningkatan penjualan dan pendapatannya.

"Saya kira ini akan sangat membantu utnuk secara nyata meningkatkan pendapatan dari para pelaku UMKM yang tengah kesulitan di tengah pandemi," ujar dia.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman OVO dalam melakukan program cashback pada sekitar 650.000 merchant yang dimilikinya selama masa pandemi, telah mampu mendorong pendapatan merchant hingga 42 persen.

Oleh sebab itu, dirinya meyakini program cashback yang gencar dilakukan akan sangat berdampak pada perekonomian.

"Selama masa pandemi dan PSBB, OVO mendorong transaksi di merchant melalui program cashback, pada periode tersebut merchant online mengalami peningkatan omzet sebanyak 42 persen, dirodorng oleh promosi serta publikasi di berbagai kanal," jelas Karaniya.

https://money.kompas.com/read/2020/10/21/170700526/dongkrak-perekonomian-pemerintah-diusulkan-bikin-event-cashback-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke