Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri Manufaktur Sumbang Kredit Macet BNI Kuartal III-2020

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI, YB Hariantono mengatakan, peningkatakan NPL disebabkan downgrade debitur-debitur yang diklasifikasikan dalam special mention loan atau kolektibilitas 2, terutama berasal dari segmen menengah dan korporasi.

Khusus kredit korporasi, NPL meningkat menjadi 2,9 persen dari 1,1 persen pada posisi kuartal III-2019.

"Peningkatannya disebabkan menurunnya kinerja debitur korporasi yang sebelumnya sudah diklasifikasikan dalam special mention loan, dan semakin terdampak oleh pandemi Covid-19, antara lain berasal dari sektor manufaktur," kata YB Hariantono dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10/2020).

YB menuturkan, manajemen sudah menyiapkan beberapa cara untuk menekan tingginya rasio kredit macet.

Penyaluran kredit korporasi diperkecil. Dari total penempatan dana pemerintah Rp 7,5 triliun yang harus di-leverage menjadi Rp 22,5 triliun, penyaluran kredit korporasi hanya Rp 5,10 triliun. Kredit lebih banyak disalurkan ke segmen kecil sebesar Rp 15,83 triliun.

"Sebagai langkah mitigasi risiko kredit, kami akan lakukan pertumbuhan secara selektif dan prudent, dengan memperhatikan track record debitur, prospek usaha, serta kemampuan membayarnya," sebut YB.

Perseroan pun sudah memupuk pencadangan. Rasio kecukupan pencadangan (coverage ratio) hingga Kuartal III 2020 berada pada level 206,9 persen, lebih besar dibanding Kuartal III 2019 yang sebesar 159,2 persen.

Sementara itu pertumbuhan bisnis ke depan, BNI memprioritaskan pertumbuhan di segmen korporasi, melalui ekspansi pada top corporate name di sektor-sektor yang memiliki ketahanan di tengah pandemi.

Lalu, pertumbuhan kredit pada segmen kecil akan difokuskan pada penyaluran kredit usaha rakyat atau KUR dan kredit UMKM. Sedangkan KPR atau mortgage akan menjadi driver pertumbuhan bisnis di segmen konsumer.

"Kami telah mengambil langkah preventif untuk terus memonitir perkembangan kualitas kredit," pungkas YB.

https://money.kompas.com/read/2020/10/27/121443426/industri-manufaktur-sumbang-kredit-macet-bni-kuartal-iii-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke