Salin Artikel

Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi, Ini Cara Berdonasi Lewat ShopeePay

JAKARTA, KOMPAS.com - ShopeePay dan Kitabisa.com berkolaborasi untuk menambah metode alternatif yang memudahkan para penggunanya berdonasi melalui pembayaran digital.

Di tahap awal kerja sama ini, ShopeePay mendukung program Gerobak Mapan untuk mendukung pelaku UMKM yang berjuang di kala pandemi Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), sebanyak 98 persen dari 63 juta penggiat UMKM terperosok omzetnya lantaran sepinya pembeli.

Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, lewat program Gerobak Mapan, kolaborasi ini menjadi upaya ShopeePay dan Kitabisa.com untuk meringankan beban usaha pelaku UMKM dengan memberikan bantuan modal dan pelatihan.

Donasi yang terkumpul akan ShopeePay lipat gandakan, sehingga dapat memaksimalkan bantuan untuk para UMKM.

"Sebagai penyedia layanan pembayaran digital, ShopeePay sangat senang dapat berkolaborasi dengan Kitabisa.com yang telah menjadi sarana berbagi kebaikan kepercayaan masyarakat Indonesia. Kami harap ShopeePay dapat mempermudah pengguna berbuat kebaikan, sembari berkontribusi terhadap pemulihan UMKM," ujar Cindy mengutip siaran resminya, Rabu (4/11/2020).

Lebih lanjut, Cindy menjelaskan, donasi yang telah terkumpul nantinya akan diolah untuk memperbaharui tempat berjualan UMKM, sehingga penjualannya bisa lebih layak dan dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Selain itu, donasi ini juga akan dijadikan sebagai modal usaha yang bisa menambah daya produksi dan inovasi.

Selain itu, pelaku UMKM juga diberi pelatihan untuk mendapatkan strategi berjualan dan bertahan di masa pandemi.

Cindy menambahkan, proses pengiriman donasi melalui ShopeePay cukup mudah.

Pertama, masyarakat bisa membuka aplikasi atau website Kitabisa.com dan mencari menu "Bantu UMKM Bersama ShopeePay" atau langsung menunjungi laman kitabisa.com/gerobakmapanshopeepay.

Lalu, pada menu selanjutnya, klik "Donasi Sekarang" dan isi nominal donasi yang akan diberikan.

Setelah itu, pilih ShopeePay sebagai metode pembayaran dan donatur akan diarahkan ke QR Code yang dapat dipindai dengan fitur scan pada aplikasi Shopee, jika berdonasi melalui website.

Sedangkan, jika donatur berdonasi melalui aplikasi, donatur akan diarahkan ke aplikasi Shopee untuk menyelesaikan transaksi dan masukkan PIN ShopeePay atau konfirmasi dengan Face ID atau sidik jari.

Lalu, donatur akan mendapatkan notifikasi setelah donasi berhasil dilakukan.

Sementara itu, Head of Brand Partnership Kitabisa.com Marissa Thara Wardhani mengatakan, pihaknya menyambut baik berbagai inisiasi dari berbagai pihak untuk berbagi kebaikan kepada sesama.

Salah satunya dengan kehadiran ShopeePay sebagai salah satu metode berdonasi yang mudah dan aman.

"Kami sangat menyambut baik ide kolaborasi ini sebab melalui ide ini, kita bisa membantu para UMKM untuk kembali berkembang. Program ini juga memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan dan daya untuk berkembang bagi penggiat UMKM di situasi sulit ini," jelas Marissa.

https://money.kompas.com/read/2020/11/04/124504426/bantu-umkm-bertahan-di-tengah-pandemi-ini-cara-berdonasi-lewat-shopeepay

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.