Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bulog Rampungkan Penyaluran Bansos Beras ke 10 Juta Penerima

Penyaluran bansos beras untuk alokasi sepanjang Agustus-Oktober 2020 tersebut 100 persen telah selesai pada 29 Oktober 2020.

“Terima kasih yang tidak terhingga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu Bulog menyelesaikan tugas kemanusiaan yang mulia ini," ujar Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam keterangannya, Rabu (4/11/2020).

Ia menjelaskan, sebanyak 450.000 ton beras disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat PKH. Selama 3 bulan atau sepanjang Agustus-Oktober 2020 masing-masing keluarga menerima 15 kilogram beras per bulan.

Buwas, sapaan akrabnya, mengatakan beras yang disalurkan memiliki kualitas medium dari cadangan beras pemerintah (CBP) yang tesebar di gudang-gudang Bulog di seluruh Tanah Air.

Rata-rata penyaluran harian mencapai 3.900 ton yang dilakukan oleh pihak transporter yakni PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dan PT Dos Ni Roha (DNR).

Buwas mengklaim penyaluran beras berlangsung dengan lancar, seiring dengan kerjasama dan kordinasi yang baik oleh setiap pihak yang terlibat.

"Para transporter dan pendamping PKH telah bersusah payah mendistribusikan sampai ke tempat keluarga penerima, dan juga segenap karyawan Bulog di seluruh Indonesia telah berjuang menuntaskan amanah pemerintah ini," kata dia.

Adapun program bansos beras tahun 2020 dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Sosial sebagai upaya meringankan beban 20 juta keluarga penerima manfaat PKH dari tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Selain dirasakan oleh keluarga penerima manfaat PKH, program bansos beras juga dinilai menguntungkan bagi para petani yang turut merupakan kelompok masyarakat terdampak Covid-19, karena beras yang dibeli Bulog berasal dari petani tersebut saat panen raya sesuai amanah Inpres Nomor 5 Tahun 2015.

https://money.kompas.com/read/2020/11/04/144533326/bulog-rampungkan-penyaluran-bansos-beras-ke-10-juta-penerima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke