Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Pilpres AS Dorong Rupiah Menguat Sore Ini

Melansir Bloomberg, rupiah ditutup menguat 20 poin di pasar spot pada level Rp 14.565 per dollar AS atau menguat 0,14 persen dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.585 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, seluruh penjuru negeri saat ini sedang terfokus oleh euforia pilpres AS.

Seiring dengan berlanjutnya penghitungan suara Pilpres di AS, investor kembali mencari portofolio investasi yang menguntungkan di dalam negeri.

“Pergerakan arus modal asing yang sebelumnya keluar dari pasar kembali parkir di pasar finansial dalam negeri. Dan gonjang-ganjing pilpres di AS membawa berkah tersendiri bagi mata uang garuda sehingga pemerintah dan Bank Indonesia tidak serta merta sibuk melakukan intervensi di pasar valas dan Obligasi dalam perdagangan DNDF,” kata Ibrahim melalui siaran pers, Rabu (4/11/2020).

Masih terkait dengan euphoria pilpres AS, Joe Biden dianggap sebagai sosok yang diharapkan untuk menjadi orang nomor satu di AS dengan kebijakan-kebijakannya yang memiliki pengaruh kepada seluruh negara, tidak terkecuali Indonesia.

“Ada harapan ekspor Indonesia akan kembali membaik seiring arus perdagangan dunia yang kembali semarak dan kemungkinan perang dagang akan dihentikan baik dengan China maupun Uni Eropa,” kata Ibrahim.

Sebagai informasi, pada 2019 ekspor Indonesia tumbuh negatif 6,85 persen akibat perang dagang AS-China. Tahun ini pun sepertinya masih akan minus karena permintaan yang lesu akibat karantina wilayah (lockdown) di berbagai negara untuk meredam penyebaran virus corona.

Namun diawal tahun 2021 dengan kehadiran vaksin yang sudah di pasarkan dan didistribusikan ke semua negara dan Joe Biden sudah menempati Gedung Putih, peruntungan Indonesia bisa berubah.

“Bukan tidak mungkin ekspor Indonesia akan melesat pada tahun 2021,” jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2020/11/04/162754426/efek-pilpres-as-dorong-rupiah-menguat-sore-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke