Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonom: Indonesia Resesi, Masyarakat Diminta Tak Panik

Pada kuartal III-2020 ekonomi Indonesia minus 3,49 persen, melanjutkan laju ekonomi di kuartal II-2020 yang tercatat minus 5,32 persen.

Ekonom Senior Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, resesi ekonomi Indonesia perlu disikapi masyarakat dengan tidak panik. Sebab, kondisi ini tak hanya di alami Indonesia,tetapi juga oleh sebagian besar negara di dunia.

"Masyarakat tidak perlu panik karena resesi saat ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di hampir seluruh negara di dunia, disebabkan oleh pandemi," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Jumat (6/11/2020).

Di sisi lain, kata dia, ada hal positif yang dapat dilihat dari laju perekonomian kuartal III-2020 yang kontraksinya lebih kecil dari kuartal II-2020. Artinya ekonomi sudah mulai menunjukkan pemulihan.

Menurut Piter, tren perbaikan tersebut diperkirakan terus berlanjut di kuartal IV-2020 mendatang. Sekalipun ekonomi tetap berpotensi minus, namun setidaknya akan lebih mengecil.

Kendati demikian, ia menekankan, percepatan pemulihan ekonomi sangat bergantung dengan kemampuan Indonesia menanggulangi pandemi Covid-19. Piter optimistis jika pandemi telah berakhir, maka perekonomian dalam negeri dapat kembali bergeliat dan pulih.

"Sehingga fokus pemerintah sebaiknya lebih kepada penanggulangan pandemi. Karena perekonomian akan membaik ketika pandemi berakhir," kata dia.

Sementara itu, Ekonom BCA David Sumual mengatakan masyarakat perlu berinovasi untuk bisa bertahan di tengah pandemi. Ini lantaran masih banyak sektor ekonomi yang bisa di dorong, seperti bidang digitalisasi.

Ia menjelaskan, pandemi saat ini memang mendorong masyarakat untuk lebih kreatif dan inovatif. Pembatasan aktvitas juga membuat digitalisasi meningkat pesat.

"Sekarang masyarakat tetap berjuang untuk inovatif, mereka tetap berupaya, banyak inovasi yang saat ini telah dilakukan, seperti banyak yang memanfaatkan lewat online," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah juga mulai merealisasikan program padat karya tunai (cash for work) serta tetap mendorong pembangunan infrastruktur di berbagai daerah Indonesia. Hal ini pun dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bisa memperkuat finansial di tengah pandemi.

"Jadi memang masih banyak sektor yang bisa di dorong, walaupun mungkin yang lain belum seperti pariwisata dan angkutan udara," kata David.

https://money.kompas.com/read/2020/11/06/130800826/ekonom--indonesia-resesi-masyarakat-diminta-tak-panik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke