Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wamenkeu: Tahun Depan Belanja IT dari APBN Bakal Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pada tahun 2021, pemerintah akan menganggarkan pembangunan infrastruktur teknologi digital di berbagai macam kementerian.

Untuk pembangunan teknologi tersebut menurut dia, membutuhkan anggaran yang besar.

"Tahun depan akan ada belanja untuk IT dari APBN yang cukup tinggi dan tersebar di berbagai macam kementerian," kata Suahasil dalam diskusi publik virtual, Senin (9/11/2020).

Menurut dia, pembangunan infrastruktur teknologi digital tidak hanya di Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), tetapi juga di kementerian lain.

Termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Bahkan juga support untuk sektor pendidikan untuk bisa mengakses yang namanya bantuan internet pendidikan," ucap Suahasil.

Meskipun peralihan ke transformasi digital akan berdampak minimnya sosialitas, tetapi sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Terlebih di masa krisis dan kondisi pandemi Covid-19.

"Jadi bukan hanya kita mendorong fintech, tapi yang kita dorong adalah transformasi digital dari perekonomian Indonesia. Ini menjadi sangat penting, transformasi digital ini. Meskipun kita jadi less society," kata Suahasil.

"Tetapi kita perlu keluar dari kondisi krisis ekonomi saat ini, dari krisis pandemi Covid-19. Bukan hanya survive keluar, tapi kita harus mentransformasi perekonomian kita menjadi lebih digital. Karena transformasi digital is a must," lanjut dia.

Suahasil menambahkan, transformasi digital bukan lagi pilihan, tetapi suatu keharusan. Terlebih pada sektor keuangan.

"Ini bukan pilihan lagi. Kalaupun kita nanti bisa menyelesaikan pandemi ini maka transformasi digital harus menjadi bagian dari Indonesia masa depan. Tentu salah satunya adalah di sektor keuangan," katanya.

Namun yang paling penting, lanjut Suahasil, adalah transformasi digital bisa membuat setiap orang bisa ikut serta dan mendapatkan akses dalam kegiatan perekonomian yang makin lama makin digital.

https://money.kompas.com/read/2020/11/09/183144626/wamenkeu-tahun-depan-belanja-it-dari-apbn-bakal-tinggi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke