Salin Artikel

Luhut Sebut RI Mulai Keluar dari Resesi Ekonomi

"Bapak-ibu sekalian, dari data-data ekonomi yang kita miliki sekarang ini semua angkanya baik. Kita sudah mulai keluar sebenarnya dari resesi ini," ujarnya melalui tayangan Youtube Kemenparekraf, Kamis (12/11/2020).

Luhut menyebutkan, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi minus 3,49 persen. Namun, angka tersebut dinilai sudah lebih baik dari kuartal II-2020 yang minus 5,32 persen.

Selain itu, Luhut juga merujuk kepada arus kas (cashflow) seluruh bank. Ia mengatakan arus kas bank buku I-IV tidak tersendat.

Hal tersebut kata dia, menunjukkan ketersediaan dana di dalam negeri sangat cukup. Ia lantas menyimpulkan ekonomi Indonesia dalam konsisi yang baik.

Sebelumnya, BPS telah melaporkan produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal III-2020 minus 3,49 persen (year on year/yoy).

Dibandingkan kuartal II-2020, realisasi pertumbuhan ekonomi tersebut membaik. Pasalnya, pada kuartal II lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi yang cukup dalam, yakni mencapai 5,32 persen.

https://money.kompas.com/read/2020/11/12/211203426/luhut-sebut-ri-mulai-keluar-dari-resesi-ekonomi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.