Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkuat SDM, Kemnaker Resmikan BLK St Yohanes Paulus II Labuan Bajo

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, penguatan sumber daya manusia (SDM) adalah kunci dalam meningkatkan skill dan kompetensi angkatan kerja nasional.

Namun, penguatan SDM memiliki tantangan tersendiri, salah satunya persebaran lembaga atau tempat pelatihan yang masih tersentralisasi di kota-kota.

Padahal, mayoritas penduduk Indonesia tinggal di pedesaan. Oleh karenanya, Menaker mengatakan, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat di daerah, bahkan desa.

"Program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas adalah salah satu wujud komitmen pemerintah mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat," ucapnya saat meresmikan BLK Komunitas Seminari St Yohanes Paulus II Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya, dengan BLK Komunitas, masyarakat mudah mendapatkan pelatihan vokasi secara gratis dan tanpa harus susah payah ke kota.

"Bayangkan, jika untuk mendapatkan pelatihan, warga di Manggarai harus pergi ke Kupang, atau kota-kota lain. Berapa biaya transportasi, living cost yang harus dikeluarkan," ucapnya seperti keterangan tertulisnya.

Maka dari itu, Ida menyebut, peresmian BLK Komunitas Seminari St Yohanes Paulus II merupakan suatu langkah awal bagi kita bersama dalam upaya pembangunan SDM.

"Dengan adanya program BLK Komunitas di Seminari St Yohanes Paulus II, saya yakin putra dan putri daerah Kabupaten Manggarai Barat akan dapat memiliki kompetensi yang dapat bersaing serta memiliki karakter yang kuat," katanya.

Ida menambahkan, penentuan kejuruan pelatihan di BLK Komunitas harus didasarkan pada kebutuhan skill yang dibutuhkan pasar kerja atau potensi ekonomi di daerah masing-masing.

Oleh karenanya, usai mengikuti pelatihan, diharapkan peserta pelatihan di BLK Komunitas mudah terserap industri, atau menciptakan lapangan kerja sendiri.

Adapun, kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipilih BLK Seminari St Yohanes Paulus II sudah melalui proses kajian, dengan mempertimbangkan pasar kerja dan potensi yang ada di daerah ini.

"Dengan kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ditawarkan, saya yakin dapat meningkatkan kompetensi SDM Kabupaten Manggarai Barat pada sektor teknologi informasi, sehingga bisa ikut bersaing pada era revolusi industri 4.0 yang sudah dimulai saat ini," jelasnya.

Hingga 2019 sudah terbangun 1.113 BLK Komunitas dan tahun 2020 akan dibangun 1.000 sehingga total 2.113 BLK akan segera terwujud.

Pada kesempatan ini, Ida menandatangani prasasti peresmian BLK Komunitas Seminari St Yohanes Paulus II.

Turut hadir dalam acara ini, di antaranya Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Budi Hartawan, Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Surya Lukita Warman, Pelaksana Tugas Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Heru Budoyo, dan Kepala BLK Lombok Timur Sabar.

https://money.kompas.com/read/2020/11/15/140744326/perkuat-sdm-kemnaker-resmikan-blk-st-yohanes-paulus-ii-labuan-bajo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke