Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wakil Ketua Komisi VII DPR Dukung Rencana Penghapusan Premium, tetapi...

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menyambut baik rencana tersebut. Bahkan, ia mendukung penghapusan BBM jenis Premium itu.

"Kami menyambut positif rencana menghapus Premium karena memang perlu ada peningkatan kualitas bahan bakar kita," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/11/2020).

Kendati demikian, jika Premium benar akan dihapus, Eddy memberikan dua catatan kepada pemerintah.

Pertama,  penghapusan BBM jenis Premium tersebut perlu dilaksanakan secara bertahap dan tidak dihilangkan secara sekaligus agar tidak terjadi gejolak sosial.

"Harus ada langkah langkah yang jelas dan terukur untuk mencegah kelangkaan Premium di daerah-daerah tertentu karena hal tersebut bisa menimbulkan keresahan masyarakat," tuturnya.

Lalu, Eddy meminta pemerintah untuk mempertahankan ketersediaan BBM jenis Premium di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan atau 3T.

Sebab kata dia, BBM jenis minyak tanah pun masih dipergunakan. Oleh karena itu ucapnya, kebijakan penghapusan Premium perlu dilakukan secara selektif.

Lebih lanjut, Eddy mengapresiasi beberapa langkah edukatif Pertamina, seperti pemberian diskon harga BBM jenis Pertalite.

Ia mengatakan, dengan kebijakan diskon tersebut, masyarakat pun sudah berangsur-angsur berpindah dari Premium ke BBM jenis lebih tinggi seperti Pertalite dan Pertamax.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan KLHK MR Karliansyah, mengatakan, dirinya pada Senin (9/11/2020) lalu baru saja bertemu dengan Direktur Operasi Pertamina dan mengatakan per 1 Januari 2021 Pertamina bakal menghilangkan Premium di Jawa, Madura, dan Bali.

"Syukur alhamdulillah Senin lalu saya bertemu Direktur Operasi Pertamina. Beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali khususnya akan dihilangkan. Kemudian menyusul kota-kota lainnya di Indonesia," ujar Karliansyah dalam sebuah diskusi virtual.

https://money.kompas.com/read/2020/11/17/132107426/wakil-ketua-komisi-vii-dpr-dukung-rencana-penghapusan-premium-tetapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke