Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terus Tumbuh Positif, Kadin: Sektor Pertanian Harus Diberi Prioritas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, pemerintah harus memberikan prioritas pada sektor pertanian.

Sebab, sektor ini mampu terus tumbuh positif di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pangan dan pertanian menjadi sektor yang dapat diandalkan untuk menjaga stabilitas ekonomi, sosial, politik dalam situasi pandemi saat ini.

Menurut dia, pertumbuhan sektor pangan sangatlah strategis lantaran pembangunan ekonomi yang berkelanjutan akan terjadi apabila di dukung oleh ketersediaan pangan.

"Tingginya permintaan pangan di dalam dan luar negeri, maka sektor ini punya potensi besar untuk tumbuh. Sehingga pertumbuhan sektor ini perlu diberikan prioritas di masa mendatang," ujar Rosan dalam sambutannya pada Jakarta Food Security Summit-5 yang digelar Kadin secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Rosan mengatakan, sektor pangan dapat diandalkan untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka, menyejahterakan masyarakat, dan mengentaskan kemiskinan.

Sektor ini juga memberikan kontribusi signifikan dalam pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan bagi manusia maupun alam.

"Dalam kaitan itu, maka program pertanian berkelanjutan sebagai sebuah sistem pembangunan yang terintegrasi, seyogyanya dijadikan pedoman dalam pengmbanguan pertanian di Indonesia," tambah Rosan.

Rosan menjelaskan, pada kuartal II dan kuartal III 2020, subsektor tanaman pangan konsisten mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 9,32 persen dan 7,14 persen.

Ia menambahkan, ini pertumbuhan tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Di sisi lain, secara keseluruhan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pada kuartal II dan kuartal III 2020 tercatat tumbuh positif masing-masing 2,19 persen dan 2,16 persen.

Menurut dia, kinerja positif tersebut ditopang oleh pertumbuhan pertanian dan subsektor perkebunan, seperti sawit, tanaman kopi, dan kakao serta produk turunannya yang tumbuh positif meski kecil.

Rosan menilai, untuk mendorong dan mewujudkan ketahanan pangan nasional, maka dibutuhkan kebijakan pemrintah yang konsisten, terutama dalam masa dan pasca pandemi.

Sehingga Indonesia pun mampu menjadi lumbung pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan domestik dan dunia.

Selain itu, sektor agroindustri tanaman pangan, termasuk peternakan dan perikanan, juga harus dapat dikelola secara terintegrasi mulai dari hulu on farm sampai dengan hilir, sehingga dapat optimal memberikan sumbangan pada pembangunan ekonomi nasional.

"Kita telah buktikan sektor pangan mampu tumbuh di tengah Covid-19, makanya pemangku kepentingan harus mengembangkan strategi yang mantap dan mendorong kesepatakan bersama untuk bisa memajukan sektor pangan, termasuk pada pasca pandemi," tutup Rosan.

https://money.kompas.com/read/2020/11/18/123943626/terus-tumbuh-positif-kadin-sektor-pertanian-harus-diberi-prioritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke