Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Edhy Prabowo Usul Ganti MSG dengan Penyedap Rasa Bahan Dasar Ikan

Menurut dia, kondisi gagal tumbuh atau stunting masih menjadi isu nyata yang dihadapi anak di Indonesia. Isu ini dinilai tidak seharusnya ditangani sendiri oleh Kementerian Kesehatan, tetapi juga kementerian lainnya.

"Stunting kalau dilihat dari satu sisi saja memang seolah-olah menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan. Padahal, stunting tidak bisa dikaitkan hanya satu kementerian, semua kementerian termasuk KKP," katanya dalam acara Jakarta Food Security Summit-5 secara virtual, Kamis (19/11/2020).

Untuk itu, konsumsi ikan sejak dini disebut Edhy perlu menjadi sebuah tradisi yang mulai dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga mampu mencegah terjadinya gizi kronis.

Edhy pun menyarankan agar ikan tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk utuh saja, tapi juga dikembangkan ke produk-produk lainnya.

Ia pun mengusulkan monosodium glutamate (MSG) atau penyedap rasa diganti dengan bahan yang berasal dari ikan.

"Tidak hanya ikan yang raw material, kenapa enggak bisa kita mulai dengan mengganti produk-produk yang menggunakan MSG, chiki dan sebagainya dengan produk-produk berbahan dasar ikan," ujarnya.

Dengan besarnya potensi industri kelautan dan perikanan nasional, komoditas ikan pun disebut mampu menjadi pelangkap kebutuhan hidup lainnya.

"Sektor ini juga bisa digunakan untuk keperluan-keperluan non konsumtif," ucapnya.

Sebagai informasi, Indonesia masih menghadapi tantangan permasalahan gizi buruk, khususnya stunting yang dikhawatirkan akan jadi lebih buruk lagi akibat pandemi Covid-19.

Menurut data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) tahun 2017, prevalensi stunting Indonesia menempati urutan kelima terbesar di dunia. Dari 159 juta anak yang stunting di seluruh dunia, 9 juta di antaranya tinggal di Indonesia.

Hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada tahun 2019 bahkan menunjukkan bahwa prevalensi stunting mencapai 27,67 persen. Artinya, setiap 10 anak Indonesia, ada 3 orang di antaranya yang mengalami stunting.

https://money.kompas.com/read/2020/11/19/143600526/edhy-prabowo-usul-ganti-msg-dengan-penyedap-rasa-bahan-dasar-ikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke