Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Boeing 737 Max Sudah Boleh Terbang, Lion Air Mau Gunakan Lagi?

Lantas, apakah Lion Air akan kembali menggunakan pesawat dengan jenis yang sama pada kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, 29 Oktober 2019?

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandal Prihartono, mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menunggu kepastian kebijakan dari regulator, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain itu, maskapai dengan logo singa merah itu juga masih menanti pernyataan resmi dari Boeing sebagai produsen dari pesawat jenis tersebut.

"Kami sebagai operator atau pengguna pesawat, masih menunggu keputusan dari pabrikan pesawat dan regulator," kata Danang kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Danang menambah, sampai saat ini terdapat 10 unit Boeing 737 Max 8, yang seluruhnya masih dikandangkan di dalam negeri.

"Masih status grounded, tidak diterbangkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Danang belum bisa berkomentar lebih banyak, apakah pihaknya akan kembali menerbangkan armada Boeing 737 Max setelah nantinya Kemenhub memperbolehkan pesawat jenis tersebut untuk mengudara.

Sebelumnya, Kemenhub belum bisa memastikan pesawat B737 MAX buatan Boeing sudah boleh kembali mengudara di langit Indonesia meskipun Otoritas penerbangan Amerika Serikat (FAA) resmi mencabut status grounded atau larangan terbang pesawat jenis tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, pihaknya perlu melakukan beberapa tahapan pengecekan sebelum akhirnya pesawat tersebut boleh kembali terbang.

“Untuk Indonesia kita mempunyai aturan, kita mempunyai suatu prosedur yang tetap harus dilakukan," ujar Novie dalam webinar.

Namun mantan Direktur Utama AirNav Indonesia itu tak merinci apa saja prosedur yang perlu dilalui sebelum pesawat B737 MAX bisa kembali terbang di Indonesia.

“Jadi untuk bisa diterbangkan tentu saja kita akan melakukan suatu kegiatan sesuai peraturan perundangan yang sudah kita tentukan sebelumnya. Jadi tidak serta merta ya, tidak secara otomatis setelah FAA menyatakan ia layak terbang kemudian kita juga bisa melakukan penerbangan langsung," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2020/11/20/110100726/boeing-737-max-sudah-boleh-terbang-lion-air-mau-gunakan-lagi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke