Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beroperasi Bulan Depan, Pelabuhan Patimban Diharapkan Percepat Pemulihan Ekonomi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengklaim operasional Pelabuhan Patimban akan memberikan sejumlah manfaat. Salah satunya, mendongkrak roda perekonomian nasional dengan adanya percepatan arus logistik.

"Pelabuhan Patimban juga dapat diharapkan sebagai pengungkit utama daripada pemulihan ekonomi nasional. Saya banyak berdiskusi dengan Pak Menperin bahwa Kementerian Perindustrian sudah siap mendukung kegiatan ini," tutur Budi dalam diskusi virtual, Jumat (20/11/2020).

Dengan kehadiran Pelabuhan Patimban, arus logistik tidak akan hanya terfokus ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Percepatan arus tersebut akan berimplikasi terhadap terjadinya efisiensi logistik. Dengan demikian, para pelaku usaha akan mendapatkan biaya logistik yang lebih murah.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menjelaskan, efisiensi biaya logistik erat kaitannya dengan konsep integrasi pelabuhan utama dengan pelabuhan pengumpan, atau hub and spoke.

"Target penurunan biaya logistik ini erat kaitannya dengan bagaimana kita membuat konsep hub and spoke," ujarnya.

Hub and spoke diproyeksi mampu menarik minat para pelaku usaha untuk membangun industri di sekitar Pelabuhan Patimban.

Munculnya industri-industri baru diharapkan dapat menyerap tenaga kerja, sehingga pada saat bersamaan mampu mendongkrak perekonomian nasional.

https://money.kompas.com/read/2020/11/20/200314226/beroperasi-bulan-depan-pelabuhan-patimban-diharapkan-percepat-pemulihan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke