Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuartal III 2020, Ekonomi Singapura Minus 5,8 Persen

Meski masih minus, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura (MTI) menyebutkan, angka itu lebih baik dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yakni minus 7 persen.

Seperti dikutip dari CNBC, Senin (23/11/2020), dibandingkan kuartal sebelumnya, ekonomi Singapura dari Juli hingga September 2020 tumbuh 9,2 persen. Pada kuartal II, PDB Singapura mengalami minus 13,2 persen.

Dengan data ekonomi baru ini, MTI memproyeksikan ekonomi Singapura tahun ini akan menyusut antara 6 persen hingga 6,5 persen. Angka tersebut lebih kecil dari kisaran perkiraan resmi sebelumnya yaitu kontraksi 5 persen hingga 7 persen.

Ekonom Bank DBS menyebutkan, dengan terkendalinya pandemi Covid-19, ekonomi Singapura kini mulai membaik.

Seperti negara lainnya, Singapura sangat terpukul oleh kebijakan lockdown yang menekan aktivitas ekonomi hampir sepanjang kuartal kedua.

Setelah Juni 2020, Singapura mulai mencabut kebijakan tersebut dan melanjutkan aktivitas perekonomian, guna mempercepat pemulihan ekonomi.

"Keputusasaan dan kekecewaan yang telah mendominasi selama beberapa bulan di tahun ini dan secara bertahap memberi jalan harapan dan optimisme pemulihan saat menuju ke 2021," sebut ekonom Bank DBS dalam laporan proyeksi ekonominya.

Ekonom DBS memperkirakan ekonomi Singapura akan berkontraksi sebesar 6 persen tahun ini, dan akan pulih dengan pertumbuhan 5,5 persen di tahun 2021.

https://money.kompas.com/read/2020/11/23/090848026/kuartal-iii-2020-ekonomi-singapura-minus-58-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke