Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Hadapi Bonus Demografi pada 2037, Apa Manfaatnya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Ateng Hartono mengatakan, di tahun 2037 Indonesia sudah berada pada posisi bonus demografi.

Dia menyebutkan, bonus demografi ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk memajukan kesejahteraan serta kemakmuran apabila masyarakat usia produktifnya memiliki kualitas sumber daya yang dapat menunjang serta memberikan kontribusi terhadap pembangunan negara.

"Bonus demografi ketika usia penduduk produktif 65 tahun berada di atas penduduk nonproduktif, baik 15 tahun ke bawah atau 65 tahun ke atas. Dengan adanya bonus demografi ini, ekonomi bisa tumbuh dengan baik," ujar Ateng dalam diskusi webinar yang disiarkan secara virtual, Senin (23/11/2020).

Menurut Ateng, apabila suatu negara sudah memasuki bonus demografi tapi tidak didukung dengan fasilitas-fasilitas yang ada, maka bonus demografi tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. 

Dia mencotohkan ada beberapa negara yang pernah merasakan kehilangan bonus demografi, seperti Brazil dan Afrika Selatan.

"Kenapa mereka bisa kehilangan bonus demografi? Karena pada saat kondisi seperti itu, ekonomi mereka sedang kritis jadi tidak bisa termanfaatkan," ucap Ateng.

Saat ini pun, Ateng mengakui, Indonesia dan beberapa negara lain sedang menghadapi Covid-19, yang berpeluang terjadinya krisis.

Walaupun, peluang krisis tersebut tidak sebesar krisis ketika tahun 1998 yang lalu.

Oleh sebab itu, lanjut dia, untuk memanfaatkan momentum bonus demografi ini, Indonesia harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Maka dari itu, untuk meraih manfaat dari bonus demografi ini diperlukan usaha bersama dari seluruh lapisan masyarakat dan lembaga terkait, serta lapisan masyarakat," ungkapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/11/23/150602326/indonesia-hadapi-bonus-demografi-pada-2037-apa-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke