Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biden Pilih Mantan Gubernur The Fed Janet Yellen Jadi Menkeu AS?

Mengutip Wall Street Journal, Senin (24/11/2020), Joe Biden mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen, sebagai Menteri Keuangan AS, menurut orang-orang yang mengetahui rencana tersebut.

Jika dikonfirmasi oleh senat, dia akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi Menteri Keuangan.

Keputusan tersebut didasarkan karena Yellen merupakan pembuat kebijakan berpengalaman yang dihormati Kongres, seorang pejabat keuangan internasional, dan sebagai salah satu pihak yang menyerukan untuk membuat keran pengeluaran fiskal mendorong pemulihan ekonomi.

Sayangnya, Yellen belum mau berkomentar melalui telepon saat media menghubunginya pada Senin (23/11/2020).

Pengumuman resmi pemilihan Yellen diperkirakan tidak akan terjadi sebelum 30 November ini.

Seorang pejabat transisi Biden, Jen Psaki, presiden terpilih akan mengumumkan beberapa anggota tim ekonominya awal minggu depan.

Selain Yellen, ada beberapa calon lagi yang dicalonkan. Tim transisi Biden mengatakan, pihaknya akan mencalonkan Alejandro Mayorkas untuk memimpin Departemen Keamanan Dalam Negeri AS dan Avril Haines sebagai Direktur Intelijen Nasional.

Sementara John Kerry, yang pernah menjadi menteri luar negeri di bawah Presiden Obama, akan menjadi utusan khusus presiden untuk perubahan iklim.


Ditunggu pasar

Keputusan Biden menentukan orang-orang di kursi menteri tentu ditunggu oleh pasar.

Investor memandang Yellen sebagai kekuatan dalam pemulihan ekonomi. Yellen dianggap mampu memberikan lebih banyak tindakan fiskal untuk memerangi krisis akibat pandemi Covid-19.

Mengutip The New York Times, senator Elizabeth Warren dari Massachusetts, salah satu senat dari Partai Demokrat paling terkemuka di Kongres mengatakan, Yellen akan menjadi pilihan yang luar biasa untuk Menteri Keuangan.

Yellen bisa diandalkan sebagai seseorang dalam posisi yang kuat untuk memastikan Departemen Keuangan AS akan terus bekerja sama dengan erat dengan The Fed.

Tetapi, dia menghadapi tantangan yang berat jika terpilih jadi menteri keuangan. Yellen akan berada di garis terdepan dalam menghadapi kejatuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sementara saat ini, pertumbuhan ekonomi AS terlihat mulai pulih setelah sempat terkontraksi parah akibat karantina wilayah (lockdown). Sayanya, infeksi virus terus meningkat dan pemerintah daerah lagi-lagi membatasi pergerakan warganya.

Hal ini akan memperlambat proses pemulihan (rebound) terjadi.

https://money.kompas.com/read/2020/11/24/083100026/biden-pilih-mantan-gubernur-the-fed-janet-yellen-jadi-menkeu-as-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke