Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkop: Tanpa Mengikuti Arus Digitalisasi, UMKM Akan Ambruk Ditelan Zaman

Menurut survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi penggunaan internet pada 2019 mencapai 196,71 juta dari total populasi penduduk Indonesia 266,1 juta orang, atau tumbuh 8,9 persen dari tahun 2018. Jumlah pengguna internet ini pun diyakini terus bertambah hingga ke depan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, melihat fenomena digitalisasi ini menjadi pintu masuk bagi pelaku UMKM dan koperasi untuk turut serta memanfaatkan kemajuan teknologi dalam hal proses produksi hingga pemasarannya.

"Sebab tanpa mengikuti arus digitalisasi, UMKM akan ambruk ditelan zaman. Transformasi Koperasi dan UMKM kearah ekonomi digital menjadi keniscayaan," kata Teten dalam Webinar Kanwil BI Provinsi Kalimantan Timur dengan tema AKSI UMKM 4.0 – Akselerasi dan Sinergi Digitalisasi, mengutip siaran resminya, Rabu (2/12/2020).

Teten berpendapat, tantangan terbesar yang sedang dialami Indonesia adalah minimnya koperasi yang memanfaatkan ekosistem digital. Dalam pengelolaan koperasinya, Teten menyebutkan, baru sekitar 906 koperasi atau baru 0,73 persen dari jumlah koperasi aktif, yang sudah memiliki alamat website.

Dia juga berpendapat, perkembangan ekonomi digital tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah transaksi e-commerce.

Bahkan  McKinsey memproyeksikan pasar e-commerce Indonesia tahun 2022 akan tumbuh menjadi 55 hingga 65 miliar dollar AS. Oleh sebab itu, Teten berharap pelaku UMKM dan koperasi di Indonesia bisa memanfaatkan momentum pandemi covid-19 ini untuk mulai masuk ke ekosistem digital.

Pihaknya juga sudah menjalin komitmen kerja sama dengan market place nasional untuk membantu UMKM masuk dalam platform digital agar pangsa pasarnya semakin meluas.

https://money.kompas.com/read/2020/12/02/090200126/menkop--tanpa-mengikuti-arus-digitalisasi-umkm-akan-ambruk-ditelan-zaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke