Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonomi Australia Membaik, Tumbuh 3,3 Persen di Kuartal III-2020

Dilansir dari Reuters, Selasa (2/12/2020) perekonomian Australia tercatat tumbuh 3,3 persen (quarter to quarter/qtoq), sementara bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, ekonomi Australia masih terkoreksi 3,8 persen.

Dengan demikian, Australia masuk ke dalam jurang resesi untuk pertama kalinya pada paruh pertama tahun ini.

Gubernur Reserve Bank of Australia Philip Lowe mengatakan kinerja perekonomian pada kuartal III cuku baik, namun dirinya memperingatkan pemulihan ekonomi cenderung tidak mudah dan tidak pasti.

"Masih ada ketidakpastian yang cukup tinggi terkait outlook," ujar Lowe.

"Kami siap untuk melakukan lebih, itu diperlukan. Meski demikian, kami masih memandang kebijakan moneter dengan suku bunga negatif di Australia belum mungkin dilakukan," jelas dia.

Dijelaskannya, dorongan pertumbuhan berasal dari lonjakan konsumsi masyarakat. Pada kuartal sebelumnya, perekonomian Australia mengalami kontraksi sebesar 7 persen secara kuartalan.

Pertumbuhan ekonomi dinilai terjadi lantaran pemerintah setempat telah berhasil mengendalikan persebaran kasus Covid-19.

Dorongan terhadap pertumbuhan terutama dipicu oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 7,9 persen yang didukung oleh stimulus fiskal dan moneter yang digelontorkan sejak Maret lalu.

Lowe lebih lanjut mengatakan, pertumbuhan akan tetap solid pada akhir tahun didukukng dengan kian terkendalinya persebaran Covid-19.

Meski demikian, tingkat pengangguran di Australia masih cukup tinggi, yakni sebesar 7 persen, bila dibandingkan dengan masa sebelum pandemi yang sebesar 5 persen.

https://money.kompas.com/read/2020/12/02/140510926/ekonomi-australia-membaik-tumbuh-33-persen-di-kuartal-iii-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke