Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Pengoperasian, Pelabuhan Patimban Uji Coba Kirim 22 Mobil ke Belawan

Kegiatan uji coba pelaksanaan bongkar muat barang dan penyandaran kapal dilakukan menggunakan kapal MV Ostina yang akan menuju Pelabuhan Belawan Medan.

Pada saat uji coba, dilakukan pengangkutan sebanyak 22 unit mobil dari Car Terminal ke dalam kapal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, uji coba berjalan dengan lancar dan Pelabuhan Patimban sudah siap untuk dilakukan soft launching pada minggu ke-2 atau ke-3 Desember 2020.

“Seperti kita lihat tadi, uji coba bongkar muat barang di Patimban ini bisa dilakukan dengan baik. Kapal bisa sandar, artinya dermaga sudah siap," katanya dalam  keterangan tertulis, Kamis (3/12/2020).

"Kedalaman kolam air sudah baik, alur dari luar ke sini sudah baik, jalan dari pabrik ke sini sudah bagus dan para stakeholder sudah melakukan koordinasi dengan baik. Pelabuhan Patimban Patimban siap untuk beroperasi secara terbatas,” tambahnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, kegiatan uji coba ini merupakan kelanjutan kelanjutan dari acara Table Top Exercise yang telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2020.

"Uji coba bertujuan mengecek komunikasi dan koordinasi antar stakeholder terkait telah siap untuk mendukung kegiatan operasional terbatas dan soft opening Pelabuhan Patimban sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan," tuturnya.

Terkait dengan pengelolaan Pelabuhan Patimban pada masa pengoperasian secara terbatas, Budi mengatakan pengelolaan pelabuhan akan dilakukan oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban yang akan di bantu oleh tenaga ahli profesional di bidang kepelabuhanan.

“Kita memang pandemi, tapi kita pastikan bahwa apa yang kita bangun kita persiapkan dengan baik dan diselesaikan sesuai dengan waktunya," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/12/03/183300426/jelang-pengoperasian-pelabuhan-patimban-uji-coba-kirim-22-mobil-ke-belawan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke