Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OPEC dan Rusia Sepakat Tingkatkan Produksi Minyak Mulai Januari 2021

Keputusan itu diambil menyusul perselisihan di antara negara-negara penghasil minyak mengenai apakah akan meningkatkan produksi awal tahun depan, setelah pandemi Covid-19 melemahkan permintaan energi tahun ini dan mengaburkan prospek industri minyak.

Dalam keterangan tertulisnya, OPEC menyatakan, kebijakan itu akan merelaksasi kapasitas produksi para negara produsen minyak, yang selama beberapa bulan terakhir dilakukan pembatasan.

"Mulai Januari 2021, para negara anggota (OPEC+) memutuskan untuk menambah produksi minyak sebesar 500.000 barrel per hari secara sukarela," tulis OPEC, dikutip dari CNN, Jumat (4/12/2020).

Ke depannya, rencana peningkatan produksi tersebut akan dibahas secara reguler setiap bulannya oleh para negara anggota.

Investor pun telah menunggu-nunggu keberlanjutan dari kebijakan pemangkasan produksi minyak mentah oleh para anggota OPEC+.

Sebagaimana diketahui pada Mei dan Juni lalu, OPEC+ mulai melakukan pemangkasan produksi minyak sebesar 9,7 juta barrel per hari atau setara 10 persen total produksi dunia, pasca-anjloknya harga minyak mentah akibat melemahnya permintaan selama pandemi Covid-19.

Pemangkasan tersebut mengalami relaksasi pada Agustus lalu, di mana para anggota sepakat untuk menaikan kembali produksi sebesar 2 juta barrel per hari, mulai Januari mendatang, seiring dengan munculnya angin segar dari meredanya kasus Covid-19.

Namun, hadirnya ancaman gelombang kedua Covid-19 di sebagian negara Eropa dan AMerika Serikat langsung menurunkan permintaan dan juga harga minyak mentah. Imbasnya, Badan Energi Internasional kembali memangkas proyeksi permintaan minyak mentah pada awal tahun 2021.

https://money.kompas.com/read/2020/12/04/124746226/opec-dan-rusia-sepakat-tingkatkan-produksi-minyak-mulai-januari-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke