Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI-Kemenkeu Sepakati Pengembangan Core Banking System pada 2021

Kesepakatan tersebut sebagai salah satu topik strategis kesepakatan Forum Harmonisasi (Forhar) BI – Kemenkeu 2020. Kesepakatan ditandatangani pada Senin (7/12/2020) di Jakarta.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono berharap, pengembangan CBS membuat layanan jasa perbankan yang diberikan BI kepada pemerintah semakin mendukung modernisasi pengelolaan perbendaharaan yang dilakukan Kemenkeu.

"Dengan demikian sinergi BI dan Kemenkeu dapat mendukung pelaksanaan tugasnya masing-masing sebagai otoritas moneter dan otoritas fiskal," kata Erwin dalam siaran pers, Senin (7/12/2020).

Adapun kesepakatan dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Koordinasi Operasionalisasi Treasury Dealing Room (PKS TDR) di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan.

Disamping itu, Forhar 2020 telah menyepakati 16 topik strategis lainnya dalam mendukung penyelesaian tugas BI dan Kemenkeu untuk ditindaklanjuti bersama di tahun 2021.

Topik strategis tersebut meliputi 4 bidang, yaitu bidang market, pasar valas, pasar surat utang negara (SBN), termasuk infrastruktur pendukung; bidang pengelolaan kas, utang, dan hibah pemerintah; bidang sistem pembayaran; dan bidang data dan informasi.

"Koordinasi yang erat antara Bank Indonesia dengan Kementerian Keuangan telah berjalan dalam hal pertukaran informasi, seperti penyampaian perencanaan kas harian pemerintah, rencana penempatan/investasi pemerintah, dan realisasi penempatan/investasi Pemerintah," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/12/07/180200826/bi-kemenkeu-sepakati-pengembangan-core-banking-system-pada-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke