Salin Artikel

Debut di Asia, Singapura Bakal Jadi Tuan Rumah Forum Ekonomi Dunia 2021

Awalnya pertemuan tersebut bakal diadakan di Swiss. Namun pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan forum di benua eropa jadi tantangan tersendiri.

Bila jadi diadakan di Singapura, forum tingkat tinggi tersebut pertama kalinya debut di Asia sejak tahun 1971.

"Forum Ekonomi Dunia (WEF) akan mengadakan Pertemuan Tahunan Khusus 2021 di Singapura dari 13-16 Mei. Forum akan kembali ke Davos-Klosters, Swiss, untuk Pertemuan Tahunan 2022," kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Nikkei Asia, Selasa (8/12/2020).

Presiden WEF Borge Brende mengatakan, wabah Covid-19 di Eropa membuat forum tidak mungkin dilaksanakan di Swiss untuk menghindari masalah kesehatan dan keselamatan.

Pertemuan yang semula diatur di Lucerne-Buergenstock dipindahkan ke Singapura karena negara tersebut telah berhasil menangani pandemi.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, dan mengingat situasi terkini terkait kasus Covid-19, diputuskan bahwa Singapura adalah tempat terbaik untuk mengadakan pertemuan tersebut," kata penyelenggara.

Pada Oktober lalu, penyelenggara telah memutuskan untuk mengalihkan pertemuan tahunan ke Buergenstock di Swiss tengah dari yang biasanya diadakan di resor Davos, sebuah tempat yang sulit dijangkau di Alpine.

Memindahkan pertemuan ke Singapura, sebagai pusat keuangan Asia Tenggara dan dikenal sebagai Swiss-nya Asia, akan memungkinkan pertemuan WEF secara langsung.

Apalagi Singapura telah membuktikan diri menjadi tuan rumah pada tahun 2018 silam, ketika terjadi pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Pemerintah Singapura menyebut telah menyiapkan protokol kesehatan ketat saat pertemuan berlangsung. Ada beberapa langkah keamanan, meliputi tes kesehatan saat kedatangan, pengujian antigen berkala, dan pelacakan kontak peserta.

"Meskipun pandemi sedang berlangsung, kami yakin Singapura dapat terus menjaga kesehatan dan keselamatan publik sambil mendukung misi WEF untuk melakukan perubahan positif melalui kolaborasi dan keterlibatan," kata Menteri Perdagangan Singapura, Chan Chun Sing.

Chan mengungkap, acara WEF juga akan memiliki diskusi virtual khusus untuk menjangkau banyak partisipasi, mengingat sulitnya mobilitas manusia saat pandemi.

Sebab Singapura telah menutup sebagian besar perbatasannya dan memenangkan pujian internasional atas penanganan virusnya, mencakup pelacakan kontak dan aturan karantina yang ketat.

https://money.kompas.com/read/2020/12/08/090800826/debut-di-asia-singapura-bakal-jadi-tuan-rumah-forum-ekonomi-dunia-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.