Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Jurangmangu Tangsel Akan Dijadikan Kawasan Terintegrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Jurangmangu di Tangerang Selatan tengah direvitalisasi dan dikembangkan menjadi kawasan terintegrasi.

Hal itu diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum massal khususnya KRL sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara.

“Stasiun Jurangmangu sangat penting karena berada di tengah pembangunan yang pesat, di antaranya Bintaro Jaya. Saya berharap dapat segera ditindaklanjuti dengan langkah selanjutnya sesuai timeline yang telah disepakati. Ini juga menjadi komitmen kita bersama untuk tetap melakukan pembangunan di tengah pandemi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Jumat (11/12/2020).

Berdasarkan rencana pengembangan, akan dilakukan sejumlah revitalisasi dan pengembangan di Stasiun Jurangmangu .

Misalnya, penataan area komersial dan penambahan kantong parkir.

“Saya berpesan kepada Pemkot Tangsel angkutan modanya ditertibkan dan juga dibuat secara khusus baik ke Bintaro Jaya dan sekitarnya, begitu ada bus-bus kecil yang ke sini praktis akan mengurangi kemacetan. Saya juga berpesan bahwa UKM juga dilibatkan, sehingga masyarakat sekitar bisa turut merasakan manfaatnya,” kata  Budi Karya.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menambahkan, Stasiun Jurangmangu sangat strategis dan akan mengurangi kemacetan di sekitarnya.

“Dengan revitalisasi stasiun Jurangmangu akan mengurangi permasalahan kemacetan yang terjadi pagi dan sore hari yang tentu akan membuat kenyamanan bagi masyarakat Tangerang Selatan untuk bisa membuat alternatif pilihan, untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi tetapi akan menggunakan moda transportasi kereta api,” ucap Airin.

Menurut Airin, revitalisasi ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat Tangsel. Ia berharap dalam satu tahun pembangunannya akan selesai.

“Ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Harapannya mudah-mudahan pembangunannya dalam setahun ini sudah jadi, sehingga langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Tangerang Selatan dan sekitarnya,” tutur dia.

Dengan adanya revitalisasi dan pengembangan kawasan terintegrasi, nantinya Stasiun Jurangmangu akan menjadi salah satu stasiun yang megah dengan berbagai fasilitas yang lebih lengkap untuk menambah kenyamanan pengguna jasa.

Dari sisi pengembang dan operator KRL, juga tentu akan mendapatkan manfaat ekonomi yang potensial dari adanya pembangunan ini.

Adapun revitalisasi dan pengembangan kawasan terintegrasi di Stasiun Jurangmangu dilakukan oleh PT KAI dan PT Jaya Real Property (JRP).

Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan dan kenyamanan para pengguna KRL di Stasiun Jurangmangu dan dalam rangka mendukung konsep Transit Oriented Development (TOD) perkotaan yang sedang digalakkan Pemerintah.

https://money.kompas.com/read/2020/12/11/072938626/stasiun-jurangmangu-tangsel-akan-dijadikan-kawasan-terintegrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke