Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani: Butuh Teknologi untuk Vaksinasi 180 Juta Orang Indonesia

Bendahara Negara itu menjelaskan, penggunaan teknologi dibutuhkan untuk memastikan distribusi sesuai dengan sasaran yang telah direncanakan pemerintah.

"Untuk vaksinasi bayangkan kalau lebih dari 180 juta orang Indonesia akan divaksinasi, dan tidak sekali. Butuh teknologi untuk tracking mereka," jelas Sri Mulyani dalam acara Indonesia Digital Conference 2020, Rabu (16/12/2020).

Ditambah lagi, vaksinasi perlu dilakukan sebanyak dua kali per individu. Sehingga, teknologi dibutuhkan untuk melacak setiap orang agar mengetahui keberadaan mereka.

"By name, by NIK (Nomor Induk Kependudukan), by number. Ini porgram digitalisasi yang sangat besar dan nyata dan akan menimbulkan apa yang disebut infrastruktur yang necessary bagi kita untuk melakukan transformasi," ujar Sri Mulyani.

Untuk itu, seluruh puskesmas di Indonesia seharusnya bisa terkoneksi dengan teknologi digital.

Sri Mulyani pun mengatakan pada tahun 2021 mendatang pemerintah akan melakukan percepatan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) untuk wilayah-wilayah yang masih tertinggal. Targetnya, pemerintah bisa meningkatkan konektivitas di lebih dari 12.000 desa yang belum tersentuh internet.

Pemerintah melalui pun telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 triliun pada tahun 2021 hingga 2024 untuk pembangunan infrastruktur teknologi infromasi dan komunikasi (TIK).

"Sehingga bisa memberikan pelayanan dan infrastruktur digital yang reliable ke seluruh Indonesia. Seluruh infrastruktur tidak hanya mendukung program pemerintah saja, namun juga pelaku ekonomi lain bisa mendapatkan dampak spillover dari pembangunan infrastruktur ini," ujar Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2020/12/16/123310426/sri-mulyani-butuh-teknologi-untuk-vaksinasi-180-juta-orang-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke