Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini yang Harus Diperhatikan oleh UMKM dalam Membuat Foto Produk yang Menarik

Sebab, foto produk bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk membeli produk yang dijual hingga dikenal lebih banyak masyarakat.

"Apabila ingin produk dikenal dan diketahui pembeli yah harus lewat foto produk. Oleh sebab itu dalam menyiapkan foto produk jangan asal sembarang, harus benar-benar semenarik mungkin," ujarnya saat ShopeePay Talks yang disiarkan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Menurut dia, semakin menarik foto produk yang ditampilkan, tingkat keinginan masyarakat untuk membeli produk tersebut pun semakin tinggi.

Food Blogger @foodirectory Windy Iwandi membeberkan ada beberapa tips agar foto makanan bisa terlihat lebih menarik.

Pertama, Cahaya yang Cukup

Kunci utama fotografi adalah cahaya yang cukup, oleh sebab itu sebisa mungkin dapatkan cahaya alami dari sinar matahari.

"Manfaatkan cahaya yang masuk dari jendela, ataupun cahaya dari lampu juga tetap bisa membantu," ucapnya.

Kedua, background Netral

pilih background yang netral untuk menciptakan kesan clean. Dia menyebutkan latar foto dengan warna netral bisa menggunakan warna cokelat, putih, ataupun motif kayu agar foto lebih fokus ke penataan produk makanan di aja meja.

Ketiga, Memanfaatkan Kamera Handphone.

Windy mengatakan, tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kamera yang canggih seperti DSLR, sebab smartphone yang ada saat ini sudah sangat canggih. "Pelajari saja mode dan fitur yang terdapat dalam smartphone masing-masing," katanya.

Keempat adalah Close Up

Dalam seni fotografi produk, detail dari makanan harus diambil fokus dengan angle Close Up agar pesan yang ingin disampaikan dari makanan tersebut bisa tersampaikan.

Metode close up ini juga menjadi salah satu metode yang paling sering dan mudah untuk dilakukan dan usahakan juga tidak blur ketika mengambil gambar dengan metode ini.

Kelima, mainkan warna makanan.

Pastinya sebuah foto akan lebih menarik setelah diberikan sentuhan editing. Tidak perlu editing terlalu keras, cukup buat warna makanan lebih hidup.

"Kita bisa pakai aplikasi editing seperti VSCO, Light Room, Snap Seed, dan lainnya. Bagi bisnis kuliner online, foto produk makanan yang menggugah selera sangatlah krusial untuk menarik minat konsumen untuk membelinya," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2020/12/17/110000226/ini-yang-harus-diperhatikan-oleh-umkm-dalam-membuat-foto-produk-yang-menarik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke