Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akhir Tahun Waktu Terbaik Cari Kerja, Ini yang Perlu Kamu Lakukan dari Sekarang

Namun karena pandemi Covid-19, kamu bisa memanfaatkan masa liburanmu yang di rumah saja, menjadi lebih produktif. Salah satunya adalah tetap mencari pekerjaan.

Memang, waktu terbaik mencari pekerjaan adalah pada bulan Januari dan Februari, 2 bulan pertama di awal tahun. Namun apa yang kamu lakukan pada Desember ini bisa jadi penentunya.

Mengutip CNBC Make It, Senin (21/12/2020), inilah yang harus kamu lakukan sekarang untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan impian pada 2021.

1. Perbaiki resume dan profil LinkedIn-mu

Pastikan kamu memperbaiki tampilan dan isi dalam resume-mu. Perbaiki juga profil linkedIn.

Apa aktifitas yang kamu lakukan saat ini? Mengerjakan proyek berbayar? Melakukan kerjaan sampingan? Melakukan pekerjaan sukarela? Atau kursus online untuk lebih meningkatkan keterampilan profesionalmu?

Apapun aktivitas yang kamu lakukan, patut disebutkan jika itu bakal menguntungkanmu. Aktifitas produktif itu akan membuatmu lebih menonjol dibanding kandidat lainnya.

2. Tingkatkan jaringanmu

Saat pandemi, nampaknya kamu perlu menghubungi mereka yang selama ini jarang dikontak. Mereka akan lebih mudah dihubungi saat pandemi. Ini adalah kesempatan sempurna untuk terhubung kembali dengan mereka.

Tapi, jangan memulai percakapan yang menunjukkan kamu sedang putus asa dalam mencari pekerjaan. Biarkan percakapan itu mengalir secara alami.

Misalnya, kirim ucapan selamat liburan kepada mantan rekan kerja. Tanyakan kabar mereka dan beri tahu mereka bahwa kamu memikirkannya. Tujuannya adalah menjaga hubunganmu tetap utuh.

3. Lamar pekerjaan

Meski liburan di rumah, luangkan beberapa menit setiap hari untuk memeriksa daftar pekerjaan baru. Tandai halaman karir perusahaan tempat kamu ingin bekerja.

Siapkan pula pemberitahuan lowongan pekerjaan baru di Google maupun LinkedIn.

Jika kamu menemukan peluang pekerjaan yang menarik, buka LinkedIn-mu untuk melihat jaringan yang telah terhubung denganmu.

Barangkali, kamu punya jaringan yang memiliki kontak dengan perusahaan tersebut. Siapa tahu dia dapat membantumu menghubungkan orang yang tepat.

Setelah kamu melamar pekerjaan tersebut, lakukan sedikit riset untuk mencari tahu siapa manajer perekrutan yang bertanggung jawab.

4. Bersabarlah dan tetap berpikir positif

Selama musim liburan akhir tahun, perusahaan biasanya tutup buku dan mulai merekrut orang-orang baru. Namun perlu diingat, perekrutan sebuah perusahaan bergantung pada kebutuhan, terlepas dari waktu liburan atau tidak.

Jadi, jangan berkecil hati jika perusahaan impianmu tidak membuka lowongan yang sesuai.

Sebaliknya, pertahankan pikiran positif. Dengarkan podcast motivasi, baca buku, buat jurnal tujuan, dan tetap produktif.

https://money.kompas.com/read/2020/12/21/090500926/akhir-tahun-waktu-terbaik-cari-kerja-ini-yang-perlu-kamu-lakukan-dari-sekarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke